Sukses


Pekerjaan Menanti Timnas Indonesia Jelang Pertemuan Kedua Vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Perbaiki Penyelesaian Akhir

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memang sukses meraih kemenangan perdana di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun, tim berjulukan Garuda itu masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang kudu segera dibenahi.

Opini itu disampaikan pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo. Mantan pemain Persik Kediri itu menyoroti beberapa kekurangan Timnas Indonesia saat meladeni Timnas Vietnam.

Tim Merah-Putih baru saja menang 1-0 atas Golden Star Warriors dalam lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Satu-satunya gol dicetak Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

Gol itu berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan dari sisi kiri. Bola yang melambung ke kotak penalti gagal dihalau bek Vietnam, Vo Minh Trong. Situasi itu berhasil dimanfaatkan Egy Maulana Vikri merobek jala gawang kawalan Filip Nguyen.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Benahi Finishing Touch

Selanjutnya, giliran Garuda yang bakal bertandang ke markas Vietnam. Menurut jadwal, duel kedua tim berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Menurut Aris Budi Sulistyo salah satu hal krusial yang perlu dibenahi jelang pertemuan kedua adalah finishing touch atau penyelesaian akhir. Pria yang pernah membawa Persik meraih trofi juara Liga Indonesia pada medio 2003 itu menilai, Timnas Indonesia butuh seorang goal getter.

"Evaluasi tetap PR-nya belum adanya seorang striker murni yang bisa dijadikan goal getter. Karena kemarin golnya juga bukan dari skema permainan tetapi dari set piece lemparan kedalam Arhan, ada kesalahan pemain Vietnam dan menuju ke Egy lalu gol," ujar Aris Budi kepada Bola.com, Sabtu (23/3/2024).

"Finishing touch di depan gawang harus benar-benar diperbaiki karena besok kita akan main di Vietnam," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Waspadai Semangat Tempur Vietnam

Selain itu, Aris Budi Sulistyo juga meminta skuad Garuda mewaspadai semangat juang yang bakal ditunjukkan Vietnam di perjumpaan kedua nanti. Apalagi, tim besutan Philippe Troussier itu dikenal dengan permainan ngototnya.

"Main di sana jelas kita ditekan dengan penonton Vietnam yang begitu banyak. Fighting spirit dari pemain Vietnam harus kita waspadai," katanya.

"Timnas Indonesia harus bisa meredam daya juang mereka caranya dengan ball possesion dan tidak banyak melakukan kesalahan," lanjut Aris Budi Sulistyo.

4 dari 5 halaman

Posisi Klasemen

Berkat kemenangan penting ini, Timnas Indonesia untuk sementara naik ke posisi kedua klasemen Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Armada Shin Tae-yong itu mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan. Hasil dari sekali menang, imbang, dan kalah.

Sementara Vietnam harus rela turun ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi tiga angka. Golden Star Warriors mengemas tiga poin dari tiga laga. Perinciannya meraih satu kemenangan serta dua kekalahan.

Adapun pemuncak klasemen Timnas Irak mengemas poin sempurna yakni sembilan dari tiga pertandingan yang dijalani. Posisi buncit ditempati Timnas Filipina dengan nilai satu.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam (1-0)
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer