Sukses


Rating Pemain Indonesia Setelah Mempermalukan Vietnam 3 Gol Tanpa Balas: Belakang Rapi, Tengah Ganas!

Hanoi - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kali ini, Asnawi Mangkualam dkk. mempermalukan Vietnam di My Dinh Stadium, Hanoi, tiga gol tanpa balas.

Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Ramadhan Sananta membuat Vietnam harus tertunduk didepan pendukungnya sendiri.

Indonesia seakan bisa menang mudah di laga ini. Dua gol berhasil dicetak pada babak pertama, lewat tandukan Jay Idzes dan aksi individu Ragnar Oratmangoen.

Namun, setelah unggul, justru Vietnam yang menguasai permainan. Gawang Indonesia mendapatkan beberapa gempuran. Beruntung kiper Ernando Ari tampil apik dan membuat gawangnya tidak kebobolan sampai turun minum.

Sedangkan babak kedua, Vietnam mendominasi permainan. Sementara Indonesia lebih fokus bertahan. Itu membuat tim The Golden Star tak bisa mencetak gol. Justru di pengujung laga, Indonesia menambah gol lewat Ramadhan Sananta.

Dalam laga ini, pemain Indonesia memperlihatkan kematangan bermain. Mereka sangat tenang menghadapi tekanan pemain tuan rumah. Berikut rapor pemain Timnas Indonesia:

2 dari 5 halaman

Kiper dan Bek

Kiper:

Ernando Ari: 8

Kiper asal Persebaya Surabaya ini jadi salah satu kunci kemenangan Indonesia. Dia melakukan tiga save penting. Selain itu, Ernando selalu berhasil menepis bola-bola crosing pemain Vietnam. Itu membuat gawangnya tetap cleansheet.

Belakang

Asnawi Mangkualam: 7

Meski baru pulih dari cedera, Asnawi tampil spartan. Dia cukup sering melakukan intersep dan melakukan pressing ketat kepada winger Vietnam. Namun, dia hanya dapat kesempatan tampil 45 menit awal.

Jay Idzes: 8

Dia tak hanya membuat pertahanan Indonesia lebih solid. Di laga ini, Jay mencetak gol pertamanya untuk Indonesia ketika pertandingan baru berjalan 9 menit. Kelebihan lain yang diperlihatkan Jay, dia berhasil menutup setiap ruang gerak striker Vietnam. 

Rizky Ridho: 7,5

Pemain belakang yang bertugas mengimbangi kecepatan pemain Vietnam. Meski sempat kehilangan posisi dan membuat gawang Indonesia terancam di babak pertama, secara keseluruhan, Rizky Ridho tampil apik. 

Justin Hubner: 7,5

Pemain dengan jumlah intersep tertinggi di laga ini. Di statistik Lapangbola.com, Justin membuat 7 intersep.

Nathan Tjoe-A-On: 7,5

Performanya meningkat di laga ini. Nathan tak lagi canggung seperti pertemuan lawan Vietnam sebelumnya. Kolaborasinya tampak lebih cair. Dia membuat satu assist yang kepada Ragnar Oratmangoen yang berbuah gol kedua Indonesia.

3 dari 5 halaman

Tengah

Tom Haye: 8

Debut manis dibuat Tom di laga ini. Umpan-umpannya membuat serangan Indonesia lebih tajam. Tom juga memberi satu assist untuk gol pertama yang dibuat Jay Idzes. 

Marselino Ferdinan: 7,5

Tampil ngotot di laga ini. Marselino jadi pemain dengan sukses tackle terbanyak. Yakni lima kali. Dia mengalahkan para pemain belakang yang biasa melakukan tackle. Selain itu, skill dan ketenangan Marselino juga terlihat di laga ini.

 

4 dari 5 halaman

Depan

Witan Sulaeman: 7

Performanya lumayan bagus di babak pertama. Hanya saja akselerasinya tak banyak terlihat. Itu yang membuatnya harus diganti pada pertengahan babak kedua. 

Hokky Caraka: 6,5

Performanya masih belum menonjol di laga ini. Bermain sebagai targetman, justru dia masih minim peluang. Sebagai salah satu pemain termuda, Hokky masih butuh banyak jam terbang.

Ragnar Oratmanoen: 8

Beberapa skill individunya mengejutkan pemain belakang Vietnam. Sebuah gol juga dibuatnya di laga debut. Dia melewati beberapa hadangan pemain belakang sebelum melepaskan tembakan keras mendatar yang menembus gawang Vietnam.

5 dari 5 halaman

Pengganti

 

Yakob Sayuri: 7

Turun di babak kedua, dia lebih fokus membantu pertahanan. Yakob sepertinya diinstruksikan untuk menghentikan pemain sayap lawan sehingga agresivitasnya saat membantu serangan tak terlihat.

Egy Maulana: 7

Egy tak terlalu banyak menguasai bola di laga ini. Maklum, Indonesia fokus bertahan ketika dia masuk di babak kedua. Namun, dia berkontribusi terhadap gol ketiga yang diciptakan Indonesia.

Ramadhan Sananta: 7,5

Masuk di pertengahan babak kedua, Sananta sebenarnya tak punya banyak peluang. Tapi satu kesempatan didepan gawang saat injury time diselesaikannya menjadi gol.

Edo Febriansyah: 7

Tak terlalu banyak waktu yang didapat di lapangan. Namun Edo juga berkontribusi akan gol ketiga Indonesia. Tembakan keras dari luar kotak penalti membuat kemelut didepan gawang Vietnam dan diselesaikan Ramadhan Sananta jadi gol. 

Ricky Kambuaya: 6,5

Jadi pemain terakhir Indonesia yang masuk di pengujung laga. Sentuhan pertama Ricky langsung berbuah kartu kuning. Sebenarnya dia punya kans menambah keunggulan Indonesia lewat serangan balik. Sayang, Ricky gagal mengirimkan bola ke jantung pertahanan lawan.    

Video Populer

Foto Populer