Sukses


Perang Mesin Arema Vs Persebaya di BRI Liga 1: Siapa Lebih Kuat?

Bola.com, Jakarta Duel panas bertajuk Derbi Jatim akan tersaji dalam pekan ke-30 BRI Liga 1 2023/2024. Arema FC menjamu sang rival Persebaya Surabaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (27/3/2024) malam.

Rekor pertemuan kedua tim menunjukkan fakta yang menarik. Persebaya sudah tidak terkalahkan melawan Arema dalam tujuh pertandingan terakhir di semua ajang.

Kali terakhir Arema berhasil mengalahkan Persebaya terjadi pada lanjutan Liga 1 2019, tepatnya 15 Agustus 2019 atau sudah hampir lima tahun lalu. Saat itu, Arema sukses menang 4-0.

Tim Singo Edan kini menduduki di peringkat ke-15 atau posisi terbawah zona aman dengan 31 angka atau selisih lima poin saja dari Persebaya.

Arema juga sedang dalam performa apik dalam lima pertandingan dengan meraih 10 angka. Singo Edan sukses membukukan tiga kemenangan, sisanya berakhir masing-masing satu seri dan kalah.

Jika ditarik ke belakang, Bajul Ijo hanya mampu meraih satu kemenangan saja dalam lima pertandingan terakhir.

Pelatih Paul Munster sudah menangani Persebaya dalam tujuh pertandingan. Hasilnya, dia mempersembahkan dua menang, empat seri, dan satu kalah.

Persebaya saat ini menghuni di peringkat ke-12 klasemen sementara. Bajul Ijo baru meraih delapan kemenangan selain 12 hasil imbang. Alhasil, mereka baru mengoleksi 36 poin dari 29 pertandingan.

Dengan modal-modal itu, duel ini diprediksi akan berlangsung menarik. Bola.com telah mengulas perang ubat masing-masing pemain dalam setiap lini antara Arema FC melawan Persebaya. Simak ulasan berikut:

2 dari 5 halaman

Kiper

Posisi penjaga gawang utama Arema telah menjadi milik Julian Schwarzer selama musim ini. Kiper berpaspor Filipina itu telah membukukan 25 penampilan bersama Singo Edan.

Sayangnya, Julian Schwarzer tergolong kiper yang banyak kemasukan. Total, dia sudah kebobolan 40 gol dan hanya lima kali saja membukukan clean sheet.

Sedangkan Persebaya masih tidak bisa memainkan kiper Ernando Ari yang harus membela Timnas Indonesia menghadapi Vietnam. Seperti sebelumnya, Andhika Ramadhani disiapkan untuk unjuk kemampuan saat melawan Arema nanti.

Musim ini saja, Andhika itu sudah tampil dalam 17 pertandingan dengan hanya kebobolan 14 gol dan membukukan enam clean sheet. Itu adalah catatan yang sangat apik untuk seorang kiper pelapis.

3 dari 5 halaman

Belakang

Komposisi pemain belakang Arema secara reguler diisi oleh Rifad Marasabessy, Charles Almeida, Bagas Adi, dan Johan Alfarizi. Deretan nama-nama ini termasuk yang membawa Singo Edan bangkit dan dalam lima laga terakhir.

Sedangkan Persebaya bisa menurunkan empat pemain belakang terbaik andalannya yang sudah jadi tumpuan lini pertahanan. Di antaranya adalah Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Yan Victor, dan Reva Adi Utama.

4 dari 5 halaman

Tengah

Susunan pemain tengah Arema bisa dibilang adalah cukup apik untuk memberi tekanan kepada lawan. Mereka adalah Arkhan Fikri, Julian Guevara, dan Ariel Lucero. Nama-nama itu sangat piawai memainkan peran di posisi masing-masing. 

Di sisi lain, Persebaya hanya mengandalkan gelandang lokal Trio gelandang itu adalah Muhammad Hidayat, Andre Oktaviansyah, dan Muhammad Iqbal.

Dua nama terakhir sebenarnya tergolong pemain muda yang masih butuh pengalaman. Tapi, mereka tetap mampu menyuguhkan permainan yang menarik dan berpotensi menyulitkan tim tuan rumah dalam perebutan bola.

5 dari 5 halaman

Depan

Trisula lini depan Arema berisikan Dedik Setiawan, Charles Lokolingoy, dan Dendi Santoso. Dua nama pertama sedang rajin mencetak gol. Dedik dan Lokolingoy kini diharapkan bisa menjebol gawang Persebaya.

Komposisi para pemain depan Persebaya juga tampaknya tidak mengalami rotasi. Trisula lini depan tetap akan dihuni oleh pemain asing, yakni Bruno Moreira, Paulo Henrique, dan Robson Duarte.

Pergerakan ketiganya dalam melancarkan serangan tentu sangat diandalkan Persebaya. Bruno dan Robson adalah dua winger lincah yang mampu mengolah bola. Sedangkan Paulo Henrique sudah menemukan kepercayaan diri setelah mencetak tiga gol.

Video Populer

Foto Populer