Sukses


Mantap Banget! Timnas Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN yang Menang di Matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia ternyata menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang paling berjaya pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah menggasak Timnas Vietnam.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam itu, Timnas Indonesia sukses pesta gol di kandang Timnas Vietnam setelah menang dengan skor 3-0.

Sejak babak pertama, skuad Merah-Putih sudah unggul dua gol lewat kontribusi Jay Idzes (9’) dan Ragnar Oratmangoen (24’). Menjelang laga berakhir, gol Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8 menutup pesta kemenangan Timnas Indonesia.

Menariknya, hasil positif ini terhitung sangat langka di kawasan Asia Tenggara. Pasalnya, negara-negara tetangga lainnya justru mengalami nasib yang naas pada saat yang sama. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Thailand dan Malaysia Merana

Timnas Thailand mengalami nasib yang sangat memprihatinkan saat menghadapi Korea Selatan. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Rajamangala, Bangkok, mereka dibabat tiga gol tanpa balas.

Masing-masing gol kemenangan yang dicetak Taeguk Warriors disumbangkan oleh Lee Jae-sung (19’), Son Heung-min (54’), dan Park Jin-seop (82’). Padahal, pada laga sebelumnya, Thailand bisa menahan imbang Korsel dengan skor 1-1.

Sementara itu, Timnas Malaysia juga harus kehilangan muka di kandangnya sendiri setelah mereka digulung Oman di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, dengan skor 0-2 lewat gol Al-Malki (45+4’) dan Al-Ghafri (90+4’).

Lewat hasil ini, Thailand dan Malaysia sama-sama harus berada di peringkat ketiga di masing-masing grup. Thailand mengoleksi empat poin dari empat laga di Grup C, sedangkan Malaysia mengepak enam poin dari empat laga di Grup D.

3 dari 4 halaman

3 Tetangga Dibantai

Selain itu, tiga peserta lainnya yang mewakili ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini juga mengalami nasib yang lebih parah. Sebab, mereka justru menjadi korban pembantaian di matchday keempat ini. Korban yang pertama ialah Filipina.

Bermain di kandangnya sendiri, The Azkals justru digasak lima gol tanpa balas oleh Timnas Irak di Rizal Memorial Stadium, Manila. Lima gol ini dicetak Aymen Hussein (14’ dan 36’), Amir Al-Ammari (30’), Zidane Iqbal (62’), dan Zaid Tahseen (77’).

Berikutnya, Singapura juga harus menelan nasib tragis saat melawat ke markas China. Bermain di Tianjin Olympic Centre, The Lions digasak 1-4 lewat gol Wu Lei (21’ dan 85’), Fernandinho (65’), dan Wei Shihao (90’).

Nasib yang paling parah tentu saja dialami Myanmar. Mereka dibantai Suriah dengan skor 7-0 lewat gol Omra Khribin (30’, 54’, 63’), Ibrahim Hesar (47’), Samir Ajan (51’ dan 68’), dan Al-Dali (80’).

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

Hasil Pertandingan Wakil ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 26 Maret 2024

  • Vietnam vs Timnas Indonesia (0-3)
  • Thailand vs Korea Selatan (0-3)
  • Filipina vs Irak (0-5)
  • Singapura vs China (1-4)
  • Malaysia vs Oman (0-2)
  • Myanmar vs Suriah (0-7)

Video Populer

Foto Populer