Sukses


Mengintip Performa Kuartet Debutan Naturalisasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Langsung Bawa Dampak Besar

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya bisa menggunakan bantuan dari empat pemain naturalisasi terbarunya saat menghadapi Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada dua pertandingan melawan Vietnam ini, Timnas Indonesia memang kedatangan empat pemain naturalisasi baru. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Dua nama yang disebut pertama sudah bermain sekaligus mencatatkan debutnya ketika skuad Merah Putih menang dengan skor 1-0 atas The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024).

Adapun dua nama terakhir baru mengukir debut pada pertemuan kedua yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Hasilnya, performa kuartet pemain debutan ini sangat impresif. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jay Idszes

Kehadiran Jay Idzes pada dua pertandingan ini tampaknya memberikan angin segar bagi pendukung Timnas Indonesia. Sebab, Jay Idzes menambah opsi pemain berkualitas baru di sektor pertahanan.

Sejak mengukir laga debutnya, pemain berusia 23 tahun ini sudah berhasil mencuri atensi publik. Ketenangannya dalam menguasai bola memang memperlihatkan bahwa bek kelahiran Belanda ini punya kualitas.

Performa istimewa Jay Idzes semakin sempurna karena dia bisa mencetak satu gol ke gawang Timnas Vietnam. Memanfaatkan skema sepak pojok, bek Venezia itu sukses menanduk bola hingga menjebol gawang lawan.

3 dari 5 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Debutan lainnya yang akhirnya mengukir menit bermain bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini ialah Nathan Tjoe-A-On. Sama seperti Jay Idzes, Nathan langsung tampil sebagai starter.

Namun, pada laga pertama, peran ofensifnya masih belum terlihat. Sebab, Nathan masih belum bisa menjalin kerja sama dengan apik ketika membantu serangan. Berbeda dengan Arhan yang kerap membantu serangan, Nathan lebih kokoh ketika bertahan.

Kesempatan bermain penuh pada laga kedua melawan Vietnam pun tak disia-siakan oleh bek Heerenveen SC ini. Dia sukses menyumbangkan satu assist ketika tim Garuda menang telak 3-0 atas The Golden Star.

4 dari 5 halaman

Thom Haye

Absennya sejumlah nama pemain di lini tengah Timnas Indonesia seperti Marc Klok hingga Ivar Jenner tampaknya tak begitu terasa pada laga kedua. Sebab, Shin Tae-yong langsung menerjunkan Thom Haye sejak menit pertama.

Hasilnya, Thom Haye bisa memberikan kualitas dari pemain yang sudah kenyang sepak bola Eropa di lini tengah Timnas Indonesia. Dia juga memainkan duet yang baik bersama Marselino Ferdinan.

Salah satu kontribusi dari pemain berusia 29 tahun ini ialah assist-nya untuk gol Jay Idzes. Eksekusi sepak pojok pemain kelahiran Amsterdam itu sukses disambut dengan tandukan oleh rekannya.

5 dari 5 halaman

Ragnar Oratmangoen

Pemain terakhir yang mendapatkan kesempatan mengukir debut bersama Timnas Indonesia ialah Ragnar Oratmangoen. Dia baru diturunkan pada pertandingan kedua melawan Timnas Vietnam.

Hasilnya pun sangat istimewa. Ragnar bisa menjawab kebutuhan pemain di lini serang skuad Garuda. Dia tak hanya bisa menempati pos sayap kiri maupun kanan, tetapi juga bisa mengisi posisi nomor sembilan jika dibutuhkan.

Kontribusi terbaik dari pemain berusia 26 tahun ini tentu saja ialah golnya pada menit ke-24. Ragnar sukses melewati sejumlah pemain Vietnam sebelum akhirnya melepaskan tembakan mendatar yang menyusur ke gawang Filip Nguyen.

Video Populer

Foto Populer