Sukses


Timnas Indonesia Layak Menang atas Vietnam, Pemain Naturalisasi Kualitasnya di Atas Level Asia Tenggara

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia dianggap layak meraih kemenangan telak atas Timnas Vietnam pada pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kualitas pemain naturalisasi dapat pujian tersendiri.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam itu, Timnas Indonesia berhasil menang telak dengan skor 3-0 untuk mempermalukan Vietnam di kandangnya sendiri.

Sejak babak pertama, skuad Merah Putih sudah unggul dua gol lewat kontribusi Jay Idzes (9’) dan Ragnar Oratmangoen (24’). Gol Ramadhan Sananta gol pada menit ke-90+8 menutup pesta kemenangan skuad Merah Putih.

Anak asuh Shin Tae-yong memang dinilai layak meraih kemenangan ini. Pasalnya, ada beberapa catatan positif yang diperlihatkan Marselino Ferdinan dan kolega saat menggasak The Golden Star di hadapan pendukungnya sendiri.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Unggul Mutlak

Mantan bek andalan Timnas Indonesia, Agung Setyabudi, menjelaskan bahwa skuad Garuda unggul di semua lini pada laga tersebut. Dia memuji organisasi pertahanan yang digawangi Jay Idzes, Rizky Ridho, dan Justin Hubner.

Tak hanya itu, skuad Merah Putih juga bisa memanfaatkan celah untuk mencari peluang. Menurut Agung, efektivitas para pemain Timnas Indonesia dalam mengonversi peluang ini jadi faktor yang krusial.

"Timnas Indonesia memang layak menang atas Vietnam kemarin. Mereka unggul semuanya, baik itu dalam menciptakan peluang, koordinasi lini belakang, determinasi, sampai efektivitas mencetak gol. Selamat untuk tim Merah-Putih," kata Agung kepada Bola.com, Rabu (27/3/2024).

3 dari 4 halaman

Vietnam Hadapi Kesulitan

Lelaki yang telah mengoleksi 53 caps bersama Timnas Indonesia di periode 1993-2004 itu menyebut, The Golden Star sebetulnya mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka tak bisa mengembangkan permainan.

Bisa dibilang, anak asuh Philippe Troussier itu menemui hambatan di lini depan. Saat sudah memasuki sepertiga akhir lapangan, Timnas Vietnam tak bisa menghasilkan kreativitas untuk menciptakan peluang.

"Kenapa Timnas Vietnam terlihat loyo, tak bisa mengembangkan permainan, minim kreativitas? Hal ini karena Timnas Indonesia bisa bermain lebih baik dari mereka." Ujar legenda Arseto Solo tersebut.

4 dari 4 halaman

Kualitas Pemain Naturalisasi

Selain itu, Agung juga menyebut bahwa kehadiran pemain naturalisasi menjadi faktor lain di balik kemenangan ini. Sejak awal laga, Shin Tae-yong langsung menerjunkan lima amunisi naturalisasi sebagai starter.

Beberapa nama pemain yang mencuri perhatian ialah Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen yang masing-masing menyumbang satu gol. Menurut Agung, kualitas pemain naturalisasi ini memang sudah di atas level Asia Tenggara.

"Para pemain naturalisasi yang baru diturunkan juga bermain baik. Kualitas mereka memang kelasnya ada di atas level Asia Tenggara," ujar lelaki yang membantu Timnas Indonesia meraih runner-up Piala Tiger 2002 tersebut.

Video Populer

Foto Populer