Sukses


2 Kali Timnas Indonesia Gasak Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY: Keberadaan Pemain Naturalisasi Bikin Tambah Kuat

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui peran pemain naturalisasi yang mampu meningkatkan kualitas timnas. Shin menyebut kehadiran pemain naturalisasi memberikan warna baru dan juga menambahkan kekuatan skuad Garuda.

Terbaru, Timnas Indonesia mempecundangi Vietnam dua kali beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Masing-masing dengan skor 1-0 dan 3-0. Deretan pemain naturalisasi ikut membawa dampak besar.

Setidaknya ada empat pemain baru yang berstatus naturalisasi menandai caps awal bersama Timnas Indonesia. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah bermain lebih dulu saat menjamu Vietnam di Jakarta.

Kemudian dua pemain anyar lainnya baru menjalani debut saat tim Merah-Putih menghajar Vietnam 3-0 di Hanoi, Selasa (26/3/2024). Keduanya adalah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Sementara pemain naturalisasi lama juga ikut bermain seperti Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

"Dengan adanya pemain naturalisasi, menjadikan semakin kuat tim kita," ujar Shin pada Rabu (27/3/2024).

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kedalaman Skuad

Setelah menang 1-0 saat menjamu Vietnam di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Shin mengaku sempat khawatir dengan kondisi anak asuhnya. Pasalnya, 10 pemain berada dalam kondisi sakit yang tentu berdampak besar terhadap kondisi tim jelang melawat ke kandang Vietnam.

"Setelah selesai pertandingan Indonesia melawan Vietnam, memang ada 10 pemain yang sakit juga, jadi saya menduga pertandingan kedua ini akan sulit," ucap Shin.

3 dari 4 halaman

Terbantu Program Naturalisasi

Shin bersyukur program naturalisasi yang dilakukan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mampu menghapus kekhawatirannya. Shin memiliki ruang lebih luas dalam menentukan pemain mengingat kedalaman tim dengan kualitas yang mumpuni dari pemain naturalisasi lain.

"Dengan adanya pemain-pemain naturalisasi yang bergabung, jadi kita bisa memilih sekuat lebih leluasa daripada sebelumnya," sambung Shin.

4 dari 4 halaman

Jadi Motivasi dan Inspirasi

Shin optimistis keberadaan pemain naturalisais tak hanya mampu meningkatkan kualitas timnas, melainkan juga memacu para pemain lokal untuk tampil lebih baik. Shin mengatakan persaingan yang sehat akan memberikan manfaat besar dalam menciptakan skuad timnas yang lebih tangguh.

Shin mendorong para pemain lokal untuk meningkatkan levelnya agar bisa bersaing dengan para pemain naturalisasi.

"Dengan kondisi-kondisi yang seperti ini pemain lokal juga harus bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi dan dengan begini timnas Indonesia akan semakin maju pastinya," jelas Shin Tae-yong memungkasi.

Video Populer

Foto Populer