Sukses


Timnas Indonesia Putus Rekor 20 Tahun Tanpa Kemenangan di Markas Vietnam, Pengamat: Rakyat Indonesia Sangat Bangga

Bola.com, Jakarta - Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto mengapresiasi kemenangan Timnas Indonesia di markas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Garuda baru saja menggebuk tuan rumah dengan skor meyakinkan 3-0.

Bertanding di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam WIB, Timnas Indonesia unggul berkat aksi Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen (23'), dan Ramadhan Sananta (90+8').

Istimewanya, hasil ini menjadi kemenangan pertama Timnas Indonesia di kandang Vietnam, sejak 20 tahun silam. Kala itu, Garuda menang dengan skor serupa pada fase grup Piala AFF 2004.

Tambahan tiga poin membuat Tim Merah-Putih makin nyaman di peringkat kedua klasemen sementara Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Armada Shin Tae-yong mengumpulkan tujuh poin dari empat pertandingan yang dijalani.

Sementara kekalahan tersebut membikin Vietnam tak beranjak dari urutan ketiga klasemen dengan nilai empat.

Puncak klasemen ditempati Irak dengan poin sempurna yakni 12. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Lebih Efektif

Erwan Hendarwanto mengatakan, dua gol cepat di babak pertama membuat permainan Timnas Indonesia menjadi solid.

Menurutnya, Garuda tampil dengan efektivitas yang baik meski pada laga itu Vietnam mendominasi.

"Memulai laga dengan baik dan bisa mencetak gol di menit-menit awal menjadi kunci kemenangan. Timnas Indonesia bermain dengan efektifitas yang baik dengan counter attack yang cukup bagus," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Rabu (27/3/2024).

"Ini menunjukkan bahwa era baru Timnas Indonesia benar-benar menuju Timnas yang kuat," sambung mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Ada Progres

Juru taktik berusia 47 tahun itu melihat Timnas Indonesia mengalami progres permainan. Erwan Hendarwanto menilai ada perbedaan signifikan yang terjadi pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 25 Maret 2024 lalu. Apa saja?

"Pertemuan pertama dan kedua perbedaannya ada di efektifitas permainan dan efektifitas dalam memanfaatkan peluang. Pertemuan pertama kita menguasai jalannya pertandingan namun hanya satu gol yang tercipta," kata Erwan.

"Di pertemuan kedua kita bisa cetak tiga gol meskipun tidak menguasai permainan secara keseluruhan. Dan di pertemuan kedua Timnas Indonesia bermain lebih cerdik paham kapan melakukan high press dan kapan harus melakukan zona marking," imbuhnya.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Bangga!

Kemenangan atas Vietnam sangat penting bagi Garuda dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2026. Terlebih, hasil itu memutus rekor tak pernah menang dalam dua dekade. Pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu mengaku sangat bangga atas pencapaian Tim Merah-Putih.

"Setelah sekian lama Timnas Indonesia tidak bisa menang di markas Vietnam, kemenangan 3-0 ini membuat peluang untuk lolos ke babak berikutnya cukup terbuka," ucapnya.

"Selamat untuk perjuangan seluruh tim dan rakyat Indonesia sangat bangga dengan perkembangan dan progres Timnas Indonesia saat ini," lanjut Erwan Hendarwanto.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer