Sukses


Meniru Timnas Indonesia, Vietnam Akan Lakukan Naturalisasi Secara Masif

Bola.com, Hanoi - Sepak bola Vietnam seperti sedang kebakaran jenggot. Itu terjadi setelah dua kekalahan yang mereka alami ketika menghadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Maret ini.

Vietnam bahkan sangat mungkin mengikuti langkah yang dilakukan Timnas Indonesia. Mereka juga ingin memaksimalkan peran pemain keturunan.

Wakil Presiden VFF, Tran Anh Tu, menyebut sepak bola saat ini telah berubah. Anh Tu juga menyatakan Vietnam sebenarnya sudah memulai program naturalisasi, seperti Nguyen Filip dan Dang Van Lam.

“Jelas bahwa sepak bola dunia berubah dengan sangat cepat dan tentunya dalam waktu dekat sepak bola Vietnam juga akan mengalami banyak perubahan. Kami telah melakukan naturalisasi pemain asal Vietnam, misalnya Nguyen Filip. Kami melihat negara-negara lain dan melihat bahwa mereka juga mengalami perubahan seperti itu," katanya dikutip dari Soha.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 3 halaman

Cara Lama Sudah Basi

Timnas Vietnam selama ini cukup bangga dengan para pemain lokal mereka. Bahkan skuad The Golden Star Warriors saat ini diisi oleh 100 persen pemain dari liga kokal.

Tran Anh Tu merasa hal itu tak bisa lagi dilakukan di masa depan. Harus ada perubahan masif untuk meningkatkan level permainan Timnas Vietnam.

"Kita tidak bisa lagi mempertahankan sudut pandang lama. Jelas ada perspektif baru. Federasi Sepak Bola Vietnam juga berpikir untuk membantu tim Vietnam menjadi lebih baik dan lebih baik lagi," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Punya Kuasa

Lebih lanjut, Tran Anh Tu kembali membahas soal program naturalisasi. Program itu disebut bukan kuasa dari VFF.

Pemerintah Vietnam punya peran penting akan hal itu. Sebab, ada aturan yang cukup rumit mengenai naturalisasi di negara itu.

"Namun VFF bukan unit yang menangani masalah naturalisasi, tetapi harus mengikuti Undang-Undang Kewarganegaraan Vietnam," ujarnya.

"Kami tidak bisa melakukan naturalisasi terhadap seorang pemain, namun harus bergantung pada apakah pemain tersebut memenuhi syarat sesuai UU atau tidak,” tandasnya.

Video Populer

Foto Populer