Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pelatih Filipina Hitung Peluang Lolos dengan Mengalahkan Timnas Indonesia dan Vietnam

Bola.com, Surabaya - Timnas Filipina terpuruk di dasar klasemen Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka baru meraih satu poin dari empat pertandingan yang telah dilakoni.

Satu-satunya poin yang didapat oleh Filipina itu terjadi saat menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 1-1 pada 21 November 2024. Selain itu, mereka kalah sekali melawan Vietnam dan dua kali digempur Irak.

Filipina masih berpeluang lolos. Sebab, mereka akan meraih poin maksimal tujuh angka jika memenangi dua laga tersisa. Sebagai gambaran, Timnas Indonesia saat ini telah mengoleksi tujuh angka pula dari empat laga.

Kini, hanya ada dua pertandingan tersisa bagi Filipina untuk bisa mencapai target itu. Mereka akan menghadapi dua laga tandang ke Vietnam (6 Juni 2024) dan ke Indonesia (11 Juni 2024).

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sapu Bersih

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, memasang target bisa menyapu bersih kemenangan dalam dua laga tersisa itu.

"Kami bisa meraih tujuh poin. Jika kami mencapai angka itu, kami masih memiliki peluang untuk lolos. Kami bertekad untuk mengalahkan tim Vietnam dan Indonesia di dua pertandingan tersisa,” ucap Tom Saintfiet dikutip dari ABS CBN News.

“Setahu saya, di kualifikasi Piala Dunia, setelah skor, rekor head-to-head akan dihitung terlebih dahulu dibandingkan selisih gol. Jika kita mengalahkan Indonesia, kita akan mengungguli mereka karena kedua tim bermain imbang di leg pertama,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Menggantungkan Nasib pada Tim Lain

Masalahnya, Filipina tentu tidak memegang kendali untuk lolos. Selain harus memenangi dua laga terakhir, mereka harus bergantung pada hasil Timnas Indonesia dan Vietnam yang juga harus kalah melawan Irak.

Dalam kondisi ini, Timnas Indonesia jauh lebih diunggulkan. Sebab, mereka sukses menekuk Vietnam dalam dua laga beruntun. Nah, Vietnam sendiri pernah menang 2-0 di pertemuan pertama pada 16 November 2023.

Ditambah, Filipina punya catatan terburuk di Grup F. Mereka hanya mencetak satu gol dan sudah kemasukan sembilan gol dalam empat laga. Yang paling memalukan adalah tumbang 0-5 saat menjamu Irak, 26 Maret 2024.

Meski demikian, Tom Saintfiet, tidak kehilangan semangat dan harapan dalam membimbing anak asuhnya.

“Selama kami masih punya harapan, maka seluruh tim akan melakukan segalanya untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam sepak bola, apapun bisa terjadi,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Punya Peluang

Dari Grup F, sudah ada Irak yang di puncak klasemen dan telah memastikan diri lolos ke babak ketiga. Irak selalu menang dalam empat laga dan sudah mengoleksi 12 angka. 

Kini, tersisa satu slot saja dari Grup F untuk lolos ke babak berikutnya. Tiket tersisa itu diperebutkan Timnas Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Tapi, peluang terbesar ada di Tim Merah Putih dan menduduki posisi kedua sementara dengan tujuh angka.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer