Sukses


Hamka Hamzah Takjub dengan Progres Timnas Indonesia: Minta Publik Akhiri Polemik Naturalisasi

Bola.com, Jakarta - Kapten RANS Nusantara FC, Hamka Hamzah, merasa takjub dengan perkembangan yang diperlihatkan Timnas Indonesia seusai menggasak Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hamka Hamzah menilai, dua kemenangan beruntun yang sukses diukir Timnas Indonesia atas Vietnam ini menjadi bukti bahwa proses yang dilewati skuad asuhan Shin Tae-yong sudah mulai memperlihatkan hasil positif.

Sebab, dua kemenangan ini turut membuka peluang skuad Merah Putih untuk lolos ke babak berikutnya. Saat ini, Timnas Indonesia berhasil merebut peringkat kedua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin.

“Ternyata memang butuh proses ya. Proses itu sangat penting dan akhirnya ada hasil. Dan kita bisa melihat sekarang Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen. Hal ini membuka peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya,” kata Hamka Hamzah, Sabtu (30/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Polemik Naturalisasi

Hamka, yang pernah memperkuat Timnas Indonesia dari periode 2004 hingga 2014 itu juga mengakui dampak positif yang dihadirkan oleh para pemain keturunan yang kini bergabung bersama skuad Garuda.

Namun, Hamka berharap dikotomi antara pemain naturalisasi dan lokal dihilangkan. Sebab, jika sudah menggunakan lambang garuda di dada, mereka sudah berstatus sebagai pemain Indonesia.

"Menurut saya, dari cara bermain pun sebetulnya sudah terlihat bahwa Timnas Indonesia sangat berubah. Hal ini ditambah juga dengan hadirnya pemain-pemain keturunan,” kata Hamka.

"Jadi, saya pikir sekarang ini seharusnya sudah tidak ada lagi yang disebut sebagai pemain naturalisasi. Sebab, semuanya adalah pemain Indonesia dan mereka punya jiwa patriot,” tambahnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Semua Pemain Berkontribusi

Hamka menegaskan, kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam tak terlepas dari kontribusi semua pemain. Jadi, tidak ada yang namanya pemain bintang, karena hasil ini didapat karena perjuangan bersama.

“Kalau yang dari saya lihat, semua pemain kompak ya. Jadi, bukan hanya dari satu atau dua pemain saja. Semuanya kerja keras dan memberikan kontribusi, baik dari penjaga gawang sampai pemain cadangan,” katanya.

“Jadi, saya rasa tidak ada yang menjadi bintang di Timnas Indonesia. Karena, semuanya saling membutuhkan dan yang penting adalah kolektivitas bermain secara tim,” tambah lelaki asal Makassar itu.

 

 

4 dari 5 halaman

Hasil Membanggakan

Bek yang baru saja kembali turun gunung memperkuat RANS di BRI Liga 1 2023/2024 itu juga merasa bangga dengan permainan ciamik pemain bertahan Timnas Indonesia pada tiga laga terakhir melawan Vietnam.

Sebab, pada tiga laga ini Rizky Ridho dkk bisa selalu mengukir cleansheet. Bagi Hamka, rekor ini patut dibanggakan. Apalagi, selama beberapa tahun terakhir, skuad Garuda selalu kesulitan saat menghadapi The Golden Star.

“Tiga kali cleansheet melawan Timnas Vietnam ini sangat bagus dan sangat membanggakan. Karena tidak gampang melawan Vietnam apalagi dari segi head-to-head kita lebih sering kalah,” ujarnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer