Sukses


2 Kompatriot Shin Tae-yong Masuk Kandidat Pelatih Vietnam, Termasuk Bekas Incaran Persib

Bola.com, Jakarta - Vietnam terus bergerak aktif mencari pelatih ideal untuk menggantikan Philippe Troussier setelah dipecat pasca kekalahan dari Timnas Indonesia. Dua kompatriot Shin Tae-yong asal Korea Selatan masuk sebagai kandidat.

Vietnam memecah Troussier setelah dikalahkan Timnas Indonesia pada matchday 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berbagai rumor berkembang mengenai siapa yang akan jadi suksesornya.

Park Hang-seo. yang juga dari Korea Selatan, merupakan mantan pelatih Vietnam tampaknya bakal kembali menyusul dukungan masif suporter, namun sepertinya VFF sebagai federarsi sepak bola di sana masih menggodok nama-nama lain.

Dinukil dari Soha.vn, Exco VFF dilaporkan sepakat untuk menunjuk pelatih asal Jepang dengan presentase mencapai 60 persen. Sisanya memilih kompatriot Shin Tae-yong asal Korea Selatan.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pengaruh Koshida Takeshi

Adapun peluang pelatih asal Jepang melatih Vietnam tak lepas dari peran Koshido Takeshi. Ia saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik VFF.

Aspek yang membuat pelatih asal Jepang lebih difavoritkan adalah sponsorship, di mana dalam laporan kembangan Soha disebutkan bahwa dukungan finansial jadi alasannya. Meski demikian, keahlian tetap jadi acuan nomor 1.

Wakil Presiden VFF, Tran Anh Tu juga menegaskan bahwa kriteria pelatih Vietnam adalah perihal gengsi, kualifikasi profesional, dan kecocokan dengan sepak bola Vietnam.

 

3 dari 3 halaman

Siapa Kandidat dari Korea Selatan?

Masih dalam laporan Soha, disebutkan bahwa ada dua pelatih asal Korea Selatan yang masuk kandidat. Mereka adalah Kim Do-hoon dan Kim Sang-sik. Keduanya juga telah menyetor dokumen sebagai syarat pencalonan.

Kim Do-hoon pernah menjadi target Persib Bandung pada 2022 sebagai suksekor Robert Rene Alberts yang mengundurkan diri. Do-hoon juga pernah membawa Ulsan Hyundai memenangi Liga Champions Asia 2020.

Sementara itu, Kim Sang-sik mampu membawa Jeonbuk Hyundai memenangi K-League pada 2021 dan Piala Korea 2022.

Video Populer

Foto Populer