Sukses


Kapten Filipina Optimistis Bisa Geser Timnas Indonesia di Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Filipina, Neil Etheridge, optimistis The Azkals bisa menggeser peringkat Timnas Indonesia di klasemen sementara Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sikap optimistis ini disampaikan kiper berusia 34 tahun itu seusai Filipina digilas Irak dengan skor telak 0-5 pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/3/2024).

"Kami punya peluang dan masih punya dua pertandingan. Kami tahu kami perlu meraih enam poin dari dua pertandingan itu," ujar Neil Etheridge dikutip dari media Filipina, ABS CBN, Minggu (31/3/2024).

"Kami perlu bergerak maju dan harus melupakan pertandingan itu dan belajar dari laga tersebut," sambungnya.

Timnas Filipina masih menyisakan dua laga lagi di Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka akan menghadapi dua laga tandang, masing-masing melawam Vietnam pada 6 Juni dan Timnas Indonesia pada 11 Juni 2024.

2 dari 4 halaman

Bergerak Maju

Untuk sementara The Azkals menghuni dasar klasemen Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Armada Tom Saintfiet itu baru memetik satu angka dari empat pertandingan yang sudah dijalani.

Satu poin itu didapat ketika menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 1-1 pada 21 November 2023. Sementara sisanya kalah dari Vietnam dan dua kali dibekuk Irak.

"Dalam sepak bola, Anda harus bergerak maju dengan sangat cepat dan itulah yang perlu kami lakukan kali ini karena kami tidak punya waktu untuk memikirkan hasil dari pertandingan itu," kata kiper Birmingham City itu.

"Kami harus bergerak maju. Kami sudah bersiap dan mudah-mudahan pada laga internasional di bulan Juni bisa bersama-sama,” imbuh Neil Etheridge.

3 dari 4 halaman

Kans Lolos

Menilik tabel klasemen, The Azkals tertinggal 11 poin dari Irak yang ada di urutan pertama. Kemudian berjarak enam poin dari Timnas Indonesia di peringkat kedua, serta dua angka dari Timnas Vietnam di posisi ketiga.

Penampilan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia memang kurang meyakinkan. Selain catatan tak pernah menang, mereka juga cuma mencetak satu gol dan kemasukan sembilan kali dalam empat laga.

Meskipun demikian, Filipina masih berpeluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027. Syaratnya, mereka harus bisa menyapu bersih sisa laga di Grup F dengan kemenangan.

Dengan begitu The Azkals akan meraih poin maksimal tujuh, sembari berharap Indonesia dan Vietnam tidak menang dalam laga tersisa.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  3  4  0  0  12-2  12
2  Timnas Indonesia  3  2  1  1  6-6  7
3  Vietnam  3  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  3  0   1  3  1-9  1

Video Populer

Foto Populer