Sukses


Menerka Starting XI Timnas Indonesia Vs Irak Jika Calvin Verdonk Sudah Dinaturalisasi

Bola.com, Jakarta - Calvin Verdonk jadi nama termutakhir yang dikabarkan segera dinaturalisasi menjadi WNI. Jika tak ada aral melintang, bukan tidak mungkin namanya masuk skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Calvin Verdonk adalah pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia. Sang ayah berasal dari Meulaboh, Aceh, sedangkan ibunya dari Belanda.

Calvin Verdonk mengaku sudah lama berpikir untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. Pemain yang akan segera berusia 27 tahun itu menyebut saat ini proses naturalisasinya sudah dimulai.

"Itu hal yang lama aku pikirkan, kalau jujur kami sedang proses itu sekarang, sekarang menunggu bagaimana prosesnya," ungkap Calvin Verdonk di kanal Youtube Yussa Nugraha.

Calvin Verdonk menyebut proses naturalisasinya sedang diurus. Namun, pemain NEC Nijmegen itu enggan menjelaskan detail naturalisasi itu.

"Kalau prosesnya sudah selesai, kita akan lihat kapan aku bisa bermain untuk Timnas Indonesia, sedang diurus," jelasnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Bertemu Shin Tae-yong

Belum lama ini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah menunjukkan ketertarikan pada sosok Calvin Verdonk. Shin bahkan menyempatkan diri menyaksikan aksi Verdonk bersama NEC Nijmegen dalam kunjungannya ke Belanda, Maret lalu.

"Iya benar, waktu itu Coach Shin menungguku sampai pertandingan selesai dan kita bertemu setelah pertandingan, dan kita foto diunggah di Instagram-nya," ujar Calvin Verdonk di kanal Youtube Yussa Nugraha.

"Dia penasaran siapa dari keluargaku yang berasal dari Indonesia, aku bilang dari ayahku. Itu saja kita tidak terlalu banyak ngobrol, cuma tanya soal keluargaku."

"Setelah itu kita lihat apakah aku bisa bermain untuk Timnas Indonesia atau tidak," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Ideal Calvin Verdonk?

Dilihat dari laman Transfermarkt, Verdonk, 26 tahun, biasa bermain sebagai bek kiri. Namun, ia juga bisa memainkan peran bek tengah dan juga gelandang bertahan.

Dengan demikian, maka persaingan di area lini belakang bakal makin panas. Selain talenta lokal seperti Pratama Arhan, Timnas Indonesia sebetulnya sudah dihuni banyak pemain keturunan.

Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, dan Jay Idzes bakal jadi pesaingnya. Belum lagi Thom Haye yang belakangan mencuri hati pencinta Timnas Indonesia berkat performanya saat menghadapi Vietnam.

 

4 dari 4 halaman

Formasi Timnas Indonesia dengan Calvin Verdonk

Ada tiga alternatif formasi di mana Verdonk bisa bermukim (berdasarkan susunan pemain terakhir).

  • (3-4-2-1): Ernando Ari; Jay Idzes, Calvin Verdonk, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On;Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen; Hokky Caraka
  • (4-2-3-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Jay Idzes, Justin Hubner, Calvin Verdonk; Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Rafael Struijk, Marselino Ferdinand, Ragnar Oratmangoen; Hokky Caraka
  • (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Jay Idzes, Justin Hubner, Nathan Tjo-A-On; Ivar Jenner, Calvin Verdonk, Marc Klok; Marselino Ferdinand, Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka

Video Populer

Foto Populer