Sukses


Persebaya Tetap Berlatih, Paul Munster BRI Liga 1 Bisa Berlanjut Bulan Ini

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, berharap BRI Liga 1 2023/2024 tidak dihentikan dalam waktu lama. Sebelumnya, PSSI dan LIB memutuskan Liga 1 ditunda mulai pekan ke-31, Sabtu (30/3/2024).

Jadwal awal Liga 1 tadinya mengatur kompetisi akan selesai pada akhir April 2024. Dengan penundaan ini, pertandingan empat pekan terakhir kemungkinan baru akan digelar pada Mei 2024.

Namun, pelatih Persebaya Surabaya berpaspor Irlandia Utara itu ingin kompetisi kasta teratas Indonesia bisa bergulir lagi pada April 2024 ini.

“Saya berharap kami masih bisa bermain bulan ini. Dan Anda tidak pernah tahu apa yang akan dikatakan PSSI tentang kapan liga akan dimulai,” ujar Paul Munster.

2 dari 5 halaman

Demi Timnas Indonesia U-23

Keputusan PSSI itu muncul demi bisa menggelar TC Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Piala Asia U-23 2024. Agenda TC dimulai pada 1 April 2024. Sedangkan Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei 2024 di Qatar.

Keputusan ini dibuat agar klub-klub Liga 1 berkenan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Sebab, klub diperbolehkan menolak melepas pemainnya karena turnamen itu bukan merupakan agenda resmi FIFA.

Apalagi, pelatih Shin Tae-yong dibebani target lolos babak 8 besar oleh PSSI. Target itu menjadi syarat bagi Shin Tae-yong agar bisa mendapatkan perpanjangan kontraknya yang akan habis akhir Juni 2024.

Dalam turnamen itu, Timnas Indonesia U-23 akan masuk Grup A yang berisikan tim-tim kuat. Di antaranya adalah tuan rumah Qatar, Australia, serta Yordania, dan hanya ada dua tim yang lolos dari fase grup.

 

3 dari 5 halaman

Persebaya Tetap Berlatih

Beberapa klub Liga 1 lain memutuskan untuk meliburkan tim agenda latihan rutin. Namun, pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster menyatakan timnya tetap akan menjalani latihan sampai ada kepastian jadwal kompetisi.

Situasi itu membuat skuat Persebaya sempat diliburkan dari agenda tim selama dua hari pada Minggu (31/3/2024) dan Senin (1/4/2024). Setelah itu, Persebaya tetap menggelar latihan dengan mulai berlatih lagi di Lapangan THOR, Surabaya, Selasa (2/4/2024) malam.

“Kami profesional dan tetap berlatih Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, karena kami menunggu informasi dari liga. Jadi, kami harus bersiap,” ujar Paul Munster.

“Yang terpenting, kami menjaga kondisi pemain. Dua hari terakhir, mereka libur, dan itu tidak masalah. Hanya dua hari, tapi mereka masih di gym. Mereka masih melakukan banyak hal. Seperti yang saya katakan, liga masih belum berakhir,” imbuhnya.

4 dari 5 halaman

BRI Liga 1 Tiba di Momen Krusial

Empat pertandingan tersisa yang akan dihadapi klub-klub Liga 1 merupakan momen krusial. Ada yang sedang berjuang menghindari degradasi, ada pula yang berupaya untuk masuk ke championship series.

Persebaya Surabaya akan menghadapi sisa laga terbilang berat karena menghadapi tim-tim papan atas dalam empat pertandingan tersisa. Mereka adalah Dewa United, Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer