Sukses


Exco PSSI Komentari Soal Polemik Pergantian Desain Jersey Timnas Indonesia: Dinamika Saja

Bola.com, Jakarta - Kegaduhan mengenai jersey baru Timnas Indonesia menghiasi media sosial dalam beberapa pekan terakhir. Puncaknya terjadi beberapa hari lalu.

Sponsor apparel baru Timnas Indonesia, Erspo, tiba-tiba berencana mengganti desain jersey Tim Garuda. Desain baru itu rencananya akan diperkenalkan pada Agustus mendatang.

Anggota Executive Commitee (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, angkat bicara mengenai polemik itu. Arya merasa dinamika yang ada di sepak bola Indonesia memang luar biasa.

"Waduh kadang-kadang bola ini ada wow wow-nya ya," ujar Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa (2/4/2024) malam WIB.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bawa Keberuntungan

Arya Sinulingga kemudian coba mengingatkan publik. Jersey baru itu seperti membawa keberuntungan bagi Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-20 belum pernah kalah ketika mengenakan jersey baru itu. Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut dua kali menang atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Adapun Timnas Indonesia U-20 yang ditangani Indra Sjafri dua kali bermain imbang 1-1 kontra China U-20 pada laga uji coba yang digelar di Jakarta.

"Ini jersey ingat dua kali menang lho, faktor keberuntungan tinggi nih, lawan China dua kali seri, gol di ujung laga semua," jelas Arya.

3 dari 4 halaman

Penting tetapi Bukan Faktor Utama

Arya Sinulingga pun menyebut jersey memang penting bagi Timnas Indonesia. Namun, bukan menjadi faktor utama yang bisa menentukan kinerja Tim Garuda.

Sosok yang menjadi pemilik klub Sada Sumut FC itu juga menyebut apa yang terjadi mengenai jersey Timnas Indonesia belakangan ini sebagai dinamika saja.

"Jersey memang penting, tetapi bukanlah faktor utama yang menentukan kinerja Timnas. Ini bukanlah seperti kostum Superman yang secara ajaib bisa meningkatkan kemampuan pemain, itu dinamika saja" jelas Arya.

4 dari 4 halaman

Apresiasi

Lebih lanjut, Arya Sinulingga pun mengapresiasi langkah Erspo yang disebut akan melakukan perombakan desain jersey Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Arya berharap nantinya desain baru itu bisa diterima oleh banyak kalangan. 

"Ini merupakan langkah positif. Erspo telah mendengarkan dan berupaya memperbaiki dengan memperkenalkan desain baru pada Agustus 2024. Kami berharap jersey baru ini dapat membanggakan dan diterima oleh semua pihak," tandas Arya. 

Video Populer

Foto Populer