Sukses


Ikuti Langkah Timnas Indonesia, Vietnam Bakal Naturalisasi Striker Gacor Asal Brasil?

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola asal Brasil, Rafaelson, dikabarkan ingin dinaturalisasi menjadi warga negara Vietnam.

Isu mengenai naturalisasi di Vietnam memang sudah menyeruak sejak beberapa bulan terakhir. Sukses Timnas Indonesia ketika memaksimalkan pemain keturunan jadi acuannya.

Kebetulan di Liga Vietnam atau V League, ada satu pemain asing yang berminat untuk dinaturalisasi. Dia adalah Rafaelson yang terang-terangan ingin membela Timnas Vietnam.

"Impian saya sejak menginjakkan kaki di negeri ini adalah bermain untuk timnas Vietnam. Namun, saat ini saya baru empat tahun tinggal di sini sehingga saya belum memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan kewarganegaraan Vietnam."

"Tunggu saja karena proses ini memerlukan banyak prosedur. Namun, harus menunggu untuk menjadi warga negara Vietnam bukanlah masalah," kata Rafaelson dinukil dari Soha.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Striker Terbaik 2023 Versi Transfermarkt

Performa Rafaelson di V League memang luar biasa. Ia sudah mencetak 15 gol dari 14 laga musim ini, yang menjadikannya satu dari 15 striker terbaik pada 2023.

Rafaelson juga terbilang setia di Vietnam. Striker yang piawai mencetak gol dari beragam situasi itu sudah menetap sejak 2020 dan telah membela tiga tim kuat di V League, yakni Nam Dinh, Da Nang, dan Binh Dinh.

Tentunya, dengan pengalaman bertanding di Liga Vietnam, ia sudah mendalami betul karakteristik sepak bola di Vietnam. Rafaelson bahkan blak-blakan kalau perkembangan kelompok pemain muda di sana sangat bagus.

 

3 dari 3 halaman

Didukung Penggiat Sepak Bola Vietnam

Kebetulan, Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam, Tran Anh Tu, secara tersirat siap mengikuti perkembangan sepak bola pada umumnya, termasuk dengan program naturalisasi.

"Jelas bahwa sepak bola dunia berubah dengan sangat cepat dan yang pasti dalam waktu dekat sepak bola Vietnam juga akan mengalami banyak perubahan."

"Kami telah melakukan naturalisasi pemain asal Vietnam, misalnya Filip Nguyen. Kami melihat ke negara lain dan menyadari bahwa mereka juga mengalami perubahan seperti itu. Kita tidak bisa lagi mempertahankan sudut pandang lama."

"Jelas ada sudut pandang baru. Federasi Sepak Bola Vietnam juga telah mempertimbangkan untuk membantu tim nasional Vietnam menjadi semakin baik," kata Tran Anh Tu.

Sumber: Soha

Video Populer

Foto Populer