Sukses


Paul Munster Tunggu Kepastian Jadwal Lanjutan BRI Liga 1 Sembari Memastikan Persebaya Tetap Siap Bertanding

Bola.com, Surabaya - PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mengumumkan jadwal baru untuk pekan ke-31 sampai 34 BRI Liga 1 2023/2024. Agenda itu seharusnya berjalan April ini, namun kemungkinan ditunda menjadi Mei 2024.

Meski demikian, pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, menyatakan timnya akan terus bersiap untuk menghadapi laga terdekat. Dia masih menunggu kepastian jadwal terbaru BRI Liga 1 yang mungkin dirilis bulan ini.

“Saya tidak punya waktu yang lama. Jadi, saya punya dua rencana. Perencanaan untuk beberapa minggu ke depan atau perencanaan untuk Mei. Anda tidak pernah tahu apa yang akan dikatakan PSSI soal kapan liga dimulai,” ujar Paul Munster.

“Namun, seperti yang saya katakan, saya harus merencanakan pertandingan berikutnya. Kalau tidak direncanakan dan itu terjadi, maka kami tidak siap,” imbuhnya.

Sebelumnya, PSSI dan LIB memutuskan BRI Liga 1 ditunda mulai pekan ke-31, Sabtu (30/3/2024). Keputusan PSSI itu muncul demi bisa menggelar TC Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Piala Asia U-23 2024.

Agenda TC dimulai pada 1 April 2024, sedangkan Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei 2024 di Qatar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Demi Timnas Indonesia U-23

Keputusan ini dibuat agar klub-klub BRI Liga 1 berkenan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23. Sebab, klub diperbolehkan menolak melepas pemainnya karena turnamen itu bukan merupakan agenda resmi FIFA.

Apalagi, pelatih Shin Tae-yong dibebani target lolos babak 8 besar oleh PSSI. Target itu menjadi syarat bagi Shin Tae-yong agar bisa mendapatkan perpanjangan kontraknya yang akan habis akhir Juni 2024.

Dalam turnamen itu, Timnas Indonesia U-23 akan masuk Grup A yang berisikan tim-tim kuat, di antaranya adalah tuan rumah Qatar, Australia, serta Yordania, dan hanya ada dua tim yang lolos dari fase grup.

3 dari 4 halaman

Tetap Berlatih

Beberapa klub BRI Liga 1 lain memutuskan untuk meliburkan tim agenda latihan rutin. Namun, Paul Munster menyatakan Persebaya tetap akan menjalani latihan sampai ada kepastian jadwal kompetisi.

“Jadi, kami harus mempersiapkan yang terbaik untuk para pemain. Secara teknis dan jelas fisiknya. Secara fisik, setelah libur beberapa hari terakhir, mereka seharusnya sudah sedikit segar,” kata Paul Munster.

“Kami akan tetap menggelar latihan sampai saya mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kapan pertandingan kami berikutnya,” tutur pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Empat pertandingan tersisa yang akan dihadapi klub-klub Liga 1 merupakan momen krusial. Ada yang sedang berjuang menghindari degradasi, ada pula yang berupaya untuk masuk ke championship series.

Persebaya akan melakoni sisa laga terbilang berat karena menghadapi tim-tim papan atas dalam empat pertandingan tersisa. Mereka adalah Dewa United, Persib Bandung, Bali United, dan Persik Kediri.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer