Sukses


AFF Gelar Kompetisi Antarklub Asia Tenggara Bernama Shopee Cup

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan kejuaraan sepak bola antarklub Asia Tenggara edisi perdana yang diberi nama Shopee Cup, Kamis (4/4/2024). Turnamen ini nantinya akan digelar tiap tahun dan musim pertama akan digelar pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025.

AFF bekerja sama dengan Shopee, SPORTFIVE, dan mitra lainnya untuk memajukan sepak bola ASEAN, khususnya di lingkungan klub Asia Tenggara. Harapannya, Shopee Cup bisa mentransformasi klub-klub di bawah naungan AFF untuk sukses di skala yang lebih tinggi, yakni Asia.

"Hari ini menandai tonggak bersejarah dalam sepak bola ASEAN. Shopee Cup akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi sepakbola di kawasan ini."

"Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Format Kompetisi

Shopee Cup akan jadi turnamen antarklub Asia Tenggara pertama. Kompetisi ini akan dimainkan dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup, menampilkan 14 klub terkemuka ASEAN.

Nantinya, total akan ada 40 pertandingan dari babak play-off kualifikasi hingga final. "Sejalan dengan pergerakan regional untuk mengikuti kalender Eropa, Shopee Cup dimulai tahun ini pada tanggal 17 Juli 2024 dan berlangsung hingga 21 Mei 2025."

Shopee Cup akan menampilkan Juara Liga dan pemenang Piala (atau runner-up dalam kasus tertentu) masing-masing dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (masing-masing dua tim), serta Filipina dan Singapura (masing-masing satu tim). Juara Liga Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di Babak Grup turnamen di babak play-off kualifikasi.

Kemudian, sebanyak 12 klub yang memenuhi syarat akan diundi ke dalam dua grup. Babak penyisihan grup akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang, dan juara sekaligus runner-up grup akan lolos ke semifinal.

 

3 dari 3 halaman

Pengundian Bulan Depan

Rincian lebih lanjut mengenai format kompetisi, jadwal, dan klub peserta akan diberitahukan pada drawing.

Adapun drawing Shopee Cup akan digelar pada pekan pertama Mei. Tanggal dan tempat akan diumumkan dalam waktu dekat.

Video Populer

Foto Populer