Sukses


Como dan Venezia Berpeluang ke Serie A, Warna Indonesia yang Bisa Semakin Mendunia

Bola.com, Jakarta - Persaingan di sepak bola Liga Italia tidak hanya berlaku di Serie A untuk musim 2023/2024. Di kasta kedua yakni Serie B tidak kalah menarik, terutama persaingan merebut tiket promosi.

Ada dua tim Serie B yang menarik perhatian, yaitu Como 1907 dan Venezia. Kedua tim membuka peluang promosi ke Serie A musim 2024/2025, melalui jalur play-off.

Hingga memasuki pekan ke-31, Como 1907 berada di urutan ketiga dengan nilai 59. Sementara Venezia di bawahnya terpaut dua angka. Kedua tim masih bisa merebut posisi kedua yang ditempati Cremonisi yang berbekal 59 poin.

Hal yang menarik adalah adanya warna Indonesia yang ada di klub Como 1907 dan Venezia. Apa itu? Yuk simak ulasan menarik Bola.com berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Como Milik Orang Indonesia

Orang terkaya Indonesia, Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, resmi jadi pemilik klub Liga Italia, Como 1907. Perusahaan keluarga Hartono tersebut membeli Como 1907 dengan harga yang relatif murah yakni, Rp5 miliar pada Oktober 2019.

Como 1907 dibeli Hartono bersaudara dengan nama Sent Entertaimeny Ltd, perusahaan yang kini berdomisili di Inggris. Kepemilikan klub Italia oleh pengusaha Indonesia bukan kali pertama terjadi.

Di bawah anak perusahaan Djarum, Como 1907 diharapkan bangkit dan menjad klub yang disegani di Italia. Nama Como 1907 memang masih asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia.

Bagi pecinta sepak bola Italia, Como pernah berada di kasta tertinggi yaitu Serie A musim 2002/2023. Namun, performanya masih sangat jauh dari harapan. Como 1907 lantas mengalami degradasi selama tiga tahun beruntun.

3 dari 3 halaman

Bek Hebat Masa Depan

Satu lagi perwakilan Indonesia yang mewarnai sepak bola saat ini adalah Jay Idzes. Bek jangkung yang bermain untuk Venezia, juga bersaing dengan Como untuk bisa promosi ke Serie A.

Pemain berusia 23 tahun itu digaet Venezia dari Go Ahead Eagles, Belanda pada musim panas tahun lalu. Ia bermain total 19 kali untuk Venezia di semua kompetisi musim ini.

Jay Idzes sedang menjadi idola publik Indonesia. Ya, ia menjadi andalan Timnas Indonesia setelah resmi dinaturalisasi. Idzes bermain dua kali saat Timnas Indonesia bertemu Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ia selalu bermain penuh, tanpa kebobolan, dan mencetak satu gol ke gawang Vietnam dalam kemenangan 3-0 di Hanoi pada 26 Maret 2024.

Video Populer

Foto Populer