Sukses


BRI Liga 1: Tak Mudik ke Padang, Muhammad Iqbal Berlebaran di Surabaya

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya Surabaya, Muhammad Iqbal, memutuskan tidak mudik ke kampung halaman. Penyebabnya, dia harus menjalani agenda padat tim mengingat hanya libur dua hari saja saat Idulfitri.

Sebelumnya, operator kompetisi BRI Liga 1, PT LIB, secara resmi mengumumkan jadwal baru, Kamis (4/4/2024) malam. Pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 akan dimulai lagi pada 15 April 2024.

Jadwal baru itu membuat Persebaya Surabaya akan melakoni partai tandang pada 16 April 2024. Mereka dijadwalkan bakal menjamu Dewa United dalam pekan ke-31 tersebut di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hanya saja, pertandingan itu akan digelar hanya beberapa hari setelah lebaran. Artinya, para pemain Persebaya Surabaya akan dipadatkan dengan agenda tim, apalagi hanya libur selama dua hari saja saat Idulfitri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Asli Padang

Iqbal tumbuh besar di kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Orang tuanya pun tinggal di sana. Sudah menjadi kebiasaan ia pulang kampung saat lebaran. Dengan kondisi jadwal seperti saat ini, dia memutuskan tidak mudik.

Pelatih Persebaya Paul Munster hanya memberikan libur dua hari, pada tanggal 10 dan 11 April. Padahal perjalanan ke Padang menggunakan pesawat butuh setidaknya lima jam.

“Melihat jadwal libur hari raya tentunya saya tidak pulang, apabila dipaksakan tentu capek di perjalanan. Apalagi tiket waktu hari raya juga melambung tinggi, untuk itu saya lebaran di Surabaya saja,” kata Iqbal.

3 dari 5 halaman

Pertama Lebaran di Surabaya

Iqbal didatangkan ke Persebaya pada Desember 2022. Baru musim ini, dia berlebaran di Surabaya. Meski jauh dari keluarga menurutnya ia tetap bersyukur dengan keadaan yang ada.

“Mau tidak mau ya harus dilakukan, untungnya saya belum membeli tiket pesawat. Sementara, saya lebaran di sini dan fokus latihan terlebih dahulu,” imbuh pemain berusia 23 tahun tersebut.

Sebelumnya, PSSI dan LIB sempat mengumumkan menunda BRI Liga 1, Sabtu (30/3/2024). Padahal, klub-klub Liga 1 sudah bersiap melakoni ke-31 yang digelar pada 1-4 April 2024.

Saat itu, mereka beralasan perlu menyiapkan Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. Turnamen itu membuat mereka mengagendakan TC mulai 1 April 2024 sebelum tampil di ajang tersebut pada 15 April 2024.

Hal itu lantas memunculkan kemungkinan pekan ke-31 akan dimainkan bulan depan atau Mei. Sebab, Piala Asia U-23 2024 sendiri baru akan selesai pada 3 Mei 2024 mendatang.

4 dari 5 halaman

Laga Berikutnya

Namun, jadwal terbaru membuat semua tim kini mulai bersiap lagi. Persebaya akan melakoni tiga laga kandang dari empat pertandingan yang tersisa.

Masing-masing adalah melawan Dewa United, Persib Bandung (20/4/2024), Bali United (24/4/2024), dan Persik Kediri (28/4/2024). Selain Dewa United, Persebaya juga akan menjadi tuan rumah di dua laga terakhir nanti.

Persebaya sendiri masih akan terus berlatih selama Ramadan ini. Paul Munster juga telah menyusun program yang tepat sesuai dengan jadwal baru ini. Mereka baru akan libur dua hari saja saat memasuki lebaran atau Idulfitri.

Tim asal Kota Pahlawan itu kini berada di posisi ke-10 klasemen sementara dengan 39 poin. Mereka masih menyisakan empat pertandingan musik ini dan masih mungkin masuk championship series maupun zona degradasi.   

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer