Sukses


Jelang Piala Asia U-23, Erick Thohir Melabeli Timnas Indonesia sebagai Golden Generation, Kayak Inggris dan Belgia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, melabeli sepak bola Indonesia sebagai generasi emas menjelang kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Istilah generasi emas dalam sepak bola biasanya dipakai untuk menggambarkan komposisi pemain timnas yang berisikan para pemain terbaik di eranya.

Erick Thohir memberikan contoh bahwa generasi emas sepak bola pernah terjadi di Inggris dan Belgia.

Pada 2000-an, Timnas Inggris diperkuat oleh pemain-pemain kelas satu di zamannya seperti David Beckham, Steven Gerrard, Frank Lampard, Wayne Rooney, Rio Ferdinand, hingga John Terry.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Generasi Emas Timnas Indonesia

Sementara, generasi emas Timnas Belgia selama kurang lebih sepuluh tahun pada 2012-2022 sewaktu dihuni oleh Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Thibaut Courtouis, Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, Radja Nainggolan, sampai Jan Vertonghen.

Timnas Indonesia, pada saat ini, banyak dibela oleh pemain naturalisasi, yang programnya memang masif dijalankan PSSI sejak dua tahun terakhir.

Nama-nama diaspora seperti Jordi Amat, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, hingga Thom Haye membuat permainan Timnas Indonesia berubah pesat dan tidak lagi dipandang sebelah mata.

3 dari 5 halaman

Ungkapan Erick Thohir

"Ini kan yang namanya sepak bola, ada yang namanya golden era. Terjadi di Belgia hingga Inggris," ujar Erick Thohir lewat akun Instagramnya, @erickthohir.

"Momentum golden generation itu tidak bisa kita prediksi. Hari ini ada. Masa kita tidak mau maksimal ketika momentumnya ada," jelas Erick Thohir.

Sejumlah pemain yang menjadi tulang punggung timnas senior dan masuk dalam generasi emas, juga diproyeksikan berlaga dengan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

4 dari 5 halaman

Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23

Mulai dari Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Ernando Ari Sutaryadi, sampai Witan Sulaeman dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

Namun, Timnas Indonesia U-23 masih harap-harap cemas menunggu kepastian dari Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On yang belum dilepas oleh klubnya masing-masing.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A Piala Asia U-23. Tim berjulukan Garuda Muda itu akan menghadapi tuan rumah Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Kakang Rudianto, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Video Populer

Foto Populer