Sukses


5 Big Match Pekan ke-31 BRI Liga 1: Persaingan Championship Series dan Menghindari Degradasi

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir. Pekan ke-30 telah rampung, dan kini seluruh tim kontestan hanya menyisakan empat pertandingan saja.

Borneo FC masih kukuh di puncak klasemen sementara dengan 70 angka. Mereka sempat jadi tim pertama yang lolos ke championship series atau empat besar, dan kini juga memastikan akan tetap di puncak klasemen akhir regular series.

Hanya ada tiga slot tersisa untuk memperebutkan tiket ke championship series. Persib Bandung yang ada di posisi kedua dengan 55 poin pun juga belum mengunci tiket ke empat besar.

Lalu, ada pula Bali United di posisi ketiga (52 poin) dan Madura United menempati peringkat keempat (47 poin). Di bawah mereka, masih ada PSIS Semarang (47 poin) dan Persik Kediri (46 poin) yang masih berjuang merangsek ke atas.

Persaingan papan atas menjadi semakin sengit karena jarak poin lima tim di bawah Borneo itu cukup tipis. Tapi, upaya tim-tim papan bawah dalam menghindari ancaman degradasi yang tak kalah seru.

Sudah ada satu tim, yakni Persikabo 1973, yang dipastikan terdegradasi dan kini berada di posisi juru kunci dengan 17 angka. Tersisa dua tim penghuni peringkat ke-16 dan ke-17 yang akan turun ke Liga 2 musim depan.

Posisi ke-17 masih menjadi milik Bhayangkara FC (20 poin), lalu di atasnya ada Arema FC (31 angka). Persita Tangerang yang menduduki peringkat ke-15 belum aman karena memiliki poin yang sama dengan Arema. Belum lagi PSS Sleman di posisi ke-14 (32 poin).

Menariknya, pekan ke-31 nanti melahirkan sejumlah laga akbar yang mempertemukan dua tim dalam persaingan itu. Ada tim papan bawah bertemu papan atas. Ada pula persaingan menghindari degradasi dan usaha tim papan atas lolos ke championship series.

Bola.com telah merangkum lima pertandingan penting pekan ke-31 BRI Liga 1 yang akan menambah persaingan panas dua kondisi yang berbeda itu. Simak ulasannya:

 

2 dari 6 halaman

Persita Tangerang vs Persib Bandung

Lagi-lagi, pertemuan tim papan bawah dan papan atas muncul di pekan ke-31. Persita Tangerang akan menjadi tuan rumah menjamu Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (15/4/2024) sore.

Persita sendiri masih belum menemukan konsistensi mendulang poin. Sedangkan Persib sudah tak terkalahkan dalam delapan laga terakhir, rinciannya masing-masing empat menang dan seri.

Persib juga pernah berpesta 5-0 kontra Persita di putaran pertama lalu. Namun, klub berjulukan Maung Bandung itu sempat diterpa masalah striker andalan David da Silva yang disebut belum menerima DP gaji.

3 dari 6 halaman

PSS Sleman vs Arema

Kali ini, ada duel tim papan bawah yang sama-sama berjuang menghindari zona degradasi. PSS Sleman akan menjamu Arema di Stadion Manahan, Solo, pada waktu yang sama dengan duel Persita kontra Persib.

Dua tim ini sama-sama dalam performa yang minor. PSS belum menang di lima laga terakhir. Lalu, Arema pun tercatat selalu kalah di dua pertandingan sebelumnya.

Catatan pertemuan kedua tim dalam lima pertandingan terakhir menunjukkan hasilnya remis. Baik PSS maupun Arema sama-sama dua kali menang dan satu lagi berakhir imbang.

 

4 dari 6 halaman

Persikabo 1973 vs Bali United

Kini, giliran tim papan bawah dan papan atas lagi. Persikabo yang sudah pasti degradasi tetap harus melakoni pertandingan melawan Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (15/4/2024) malam.

Persikabo seperti sudah tidak terlalu berupaya keras meraih poin. Sebab, mereka bahkan gagal menang saat dalam situasi mendesak harus meraih angka. Persikabo sudah 12 laga tak menang, bahkan enam laga terakhir selalu kalah.

Sedangkan Bali United masih ingin mempertahankan posisinya di empat besar. Duel ini jadi kans besar Serdadu Tridatu untuk bisa mengamankan tiket ke championship series.

 

5 dari 6 halaman

Bhayangkara FC vs Persik Kediri

Seperti yang telah disebutkan, duel ini akan mempertemukan dua tim dengan posisi klasemen sangat jauh. Bhayangkara yang masih di zona merah akan bertindak sebagai tuan rumah menjamu Persik yang ingin menembus empat besar.

Duel ini akan berlangsung di Stadion STIK, Jakarta, Selasa (16/4/2024) malam. Duel ini jadi kesempatan Bhayangkara untuk mendulang poin, tapi masalahnya Persik termasuk tim yang sulit ditaklukkan.

Tim Macan Putih tercatat selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir kontra The Guardian. Lalu, Persik juga sedang on fire setelah sukses menang 5-2 atas Persikabo (28/3/2024) yang menendangnya ke kasta kedua.

6 dari 6 halaman

Borneo FC vs Madura United

Kali ini, giliran tim papan atas yang akan bersua. Borneo akan menghadapi Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (17/4/2024) malam. Pesut Etam tentu saja jauh lebih diunggulkan karena sudah tidak kalah dalam 19 laga terakhir.

Masalahnya, Madura United pun sedang berupaya keras mempertahankan posisi empat besar. Mereka tentu tidak ingin lengah dan tetap berusaha untuk mendulang poin dalam pertandingan tandang ini.

Video Populer

Foto Populer