Sukses


Jordi Amat Ceritakan Sosok Sang Nenek yang Selalu Terharu ketika Melihat Aksinya di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Banyak yang tak percaya ketika beberapa tahun lalu ada kabar yang menyatakan bahwa Jordi Amat memiliki garis keturunan Indonesia. Apalagi melihat reputasi Amat yang pernah lama bermain di Premier League dan La Liga.

Namun, rupanya kabar itu bukan isapan jempol. Nenek Jordi Amat bernama Isje Maas-Villanueva adalah wanita yang berasal dari Siau, Sulawesi Utara. Isje juga sempat cukup lama tinggal di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Jordi Amat menceritakan sang nenek sangat senang dengan keputusannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memperkuat Timnas Indonesia. Sang nenek disebut selalu meneteskan air mata ketika Tim Garuda berlaga.

“Meski saya tidak bermain karena cedera, nenek saya menangis,” kata Jordi Amat kepada SPORTbible.

“Dia menangis di setiap pertandingan karena dia sangat bahagia. Dia masih tidak percaya kami berdua ada di sini, di Indonesia,” sambung Jordi Amat.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Masa Sulit

Isje Maas-Villanueva menceritakan bagaimana ia sempat mengalami masa muda yang sulit. Terutama di awal hubungannya dengan pasangannya saat itu, Wil Maas, yang kemudian menjadi kakek dari Jordi Amat.

Menurut Isje Maas-Villanueva, ia hamil pada usia 18 tahun. Dalam usia yang sangat muda, pun harus menikah dengan Wil Maas.

“Itulah yang terjadi pada masa itu. Tradisi Katolik masih sangat kuat saat itu. Tidak ada yang percaya pernikahan itu akan bertahan lama; kami belum lama saling mengenal dan perbedaan budaya serta usia sangat besar," kenang Amat.

“Kami menyaksikan banyak hubungan berakhir akibat perkembangan ekonomi dan ideologi Marxis. Seorang teman sekelas saya yang ahli dalam bidang statistik mengatakan kami memiliki peluang 10 persen untuk tetap menikah selama satu tahun."

"Saya tahu banyak gadis seperti saya yang terpaksa menyerahkan bayinya pada masa itu. Setiap kali saya membaca atau mendengarnya, saya menjadi emosional," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Fokus Pemulihan

Jordi Amat menjadi salah satu bek andalan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Keberhasilan Tim Garuda melaju ke babak 16 besar tak lepas dari peran pemain berusia 32 tahun itu.

Namun, Jordi Amat harus absen saat Timnas Indonesia dua kali menghadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret lalu. Jordi diketahui mengalami.

Kini, Jordi Amat sudah mulai pulih dari cedera. Eks pemain Swansea City itu pun tengah bersiap menyambut musim baru bersama Johor Darul Ta'zim.

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer