Sukses


Korea Bisa Jadi Lawan Timnas Indonesia U-23 di Perempat Final Piala Asia U-23 2024: Sempat Mendukung, Shin Tae-yong Kini Analisis Kekuatan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 berpotensi lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah menang 1-0 atas Australia di laga kedua Grup A, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Tak hanya itu, Shin Tae-yong berpotensi membimbing Tim Garuda Muda menghadapi Korea Selatan U-23 di perempat final.

Timnas Indonesia U-23 berhasil menang 1-0 atas Australia di pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 berkat gol semata wayang Komang Teguh.

Kemenangan itu membawa tim asuhan Shin Tae-yong itu kini berada di posisi kedua dalam klasemen Grup A dengan tiga poin, terpaut tiga poin di belakang Qatar yang ada di puncak klasemen dan unggul dua poin atas Yordania dan Australia di bawahnya.

Memiliki peluang untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 akan bertemu dengan salah satu dari dua tim yang lolos dari Grup B.

Saat ini Korea Selatan dan Jepang berada di dua posisi teratas dengan tiga poin dari satu pertandingan yang baru mereka jalani. Berpotensi menghadapi Korea Selatan di perempat final, tentu akan menjadi laga yang spesial bagi Shin Tae-yong.

Lalu apa kata pelatih Korea Selatan itu mengenai potensi bertemu dengan tim nasional negaranya sendiri di Piala Asia U-23 2024?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Awalnya Mendukung, Kini Mulai Menganalisis

Shin Tae-yong mengaku bahwa dirinya sudah menyaksikan pertandingan yang dijalani Korea Selatan pada laga pertama Grup B Piala Asia U-23 2024. Namun, ketika itu kehadirannya untuk memberikan dukungan kepada tim nasionalnya.

Namun, kini setelah ada kemungkinan Timnas Indonesia U-23 bertemu dengan Korea di fase knockout, Shin Tae-yong mengaku sudah memiliki pandangan berbeda ketika menyaksikan pertandingan Korea yang berikutnya.

"Ketika saya datang ke stadion melihat Korea melawan UEA, itu saya memberikan dukungan kepada tim nasional dan pelatih kepala Hwang Sun-hong," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah laga kontra Australia.

"Namun, jika saya datang dalam pertandingan antara Korea dan China, level konsentasi saya pasti meningkat. Saya akan menganalisis pertandingan tersebut," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Optimistis ke Perempat Final, Mulai Analisis Kekuatan Korea dan Jepang

Meski Timnas Indonesia U-23 masih harus menghadapi Yordania dalam pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong punya keyakinan kuat lolos ke fase selanjutnya.

Keyakinan itu pula yang membuatnya memilih untuk melangkah lebih cepat dengan menganalisis kekuatan calon lawan di perempat final, di mana Jepang dan Korea yang merupakan favorit untuk lolos dari Grup B.

"Saya cukup percaya diri kami bisa lolos ke perempat final. Ini momen yang tepat untuk menganalisis kekuatan Korea dan Jepang," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Laga Krusial Melawan Yordania

Timnas Indonesia U-23 memang punya peluang besar untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Syaratnya adalah Tim Garuda Muda meraih kemenangan atas Yordania di pertandingan terakhir.

Sebab jika kalah, tim asuhan Shin Tae-yong justru akan tergeser posisinya oleh Yordania yang hanya terpaut dua poin di belakang Timnas Indonesia U-23.

Selain itu, Tim Garuda Muda juga bisa lolos ke perempat final dengan hanya bermain imbang melawan Yordania. Meski ada kemungkinan Australia menang melawan Qatar dan memiliki jumlah poin yang sama dengan Timnas Indonesia U-23, tetapi tim asuhan Shin Tae-yong itu masih unggul head to head.

Pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 akan digelar pada Minggu (21/4/2024) petang, di mana dua pertandingan akan digelar bersamaan pukul 22.30 WIB.

Video Populer

Foto Populer