Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia U-23 Polesan Indra Sjafri di SEA Games 2023 yang Jadi Andalan Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024: Peran Krusial

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 mencatat prestasi gemilang di Piala Asia U-23 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu berhasil menembus perempat final untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Pada fase gugur, Timnas Indonesia U-23 ditantang Timnas Korea Selatan U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Jumat (26/4/2024). Duel kedua tim dimulai pukul 00.30 dini hari WIB.

Garuda Muda melaju ke babak delapan besar setelah menyegel status runner-up Grup A dengan torehan enam poin. Adapun Korea Selatan U-23 berstatus juara Grup B dengan koleksi sembilan angka dari tiga pertandingan.

Kesuksesan Timnas Indonesia U-23 lolos ke fase knockout tak lepas dari kontribusi para pemain yang tampil luar biasa dalam turnamen bergengsi kelompok umur di Asia itu. Total ada 23 pemain yang diboyong pelatih Shin Tae-yong ke Qatar.

Beberapa nama di antaranya merupakan jebolan peraih medali emas SEA Games 2023, di mana Timnas Indonesia U-23 saat itu ditangani oleh Indra Sjafri.

Para pemain itu kini menjadi andalan arsitek asal Korea Selatan tersebut di Timnas Indonesia U-23. Siapa saja?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Rizky Ridho

Rizky Ridho menjadi salah satu pemain paling berpengalaman dalam skuad Garuda Muda. Sama seperti SEA Games 2023, pada turnamen kali ini Ridho juga memiliki peran yang tak kalah krusial di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Bek berusia 22 tahun itu selalu jadi pilihan utama sang pelatih Indra Sjafri di SEA Games 2023 dan Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024. Sejauh ini, Rizky Ridho sudah tampil di tiga pertandingan fase grup.

3 dari 6 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman juga merupakan alumni SEA Games 2023. Kala itu, pemain berusia 22 tahun itu tampil cukup baik di sepanjang turnamen. Begitu pula pada Piala Asia U-23 2024, Witan selalu masuk dalam daftar starting lineup di tiga laga sejauh ini.

Pemain asal Palu, Sulawesi Tengah, itu juga sudah mencatatkan namanya di papan skor. Witan Sulaeman sukses mencetak gol cantik ke gawang Yordania U-23 pada partai pamungkas fase grup (18/4/2024).

4 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Berikutnya Marselino Ferdinan. Gelandang KMSK Deinze itu merupakan salah satu pemain yang ikut membantu Garuda Muda meraih medali emas SEA Games 2023. Kali ini, dia juga menjadi pilar penting Tim Merah-Putih di Piala Asia U-23.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu tampil baik pada turnamen dua tahunan tersebut. Marselino Ferdinan selalu tampil sebagai starter dan berhasil membukukan dua gol di tiga laga.

5 dari 6 halaman

Pratama Arhan

Pratama Arhan menjadi pemain yang sangat diandalkan Indra Sjafri di SEA Games 2023. Termasuk pada turnamen kali ini, bek asal Blora, Jawa Tengah itu, tak tergantikan di sektor sayap kiri.

Arhan sudah tiga kali turun sebagai starter di Piala Asia U-23 2024. Pemain yang kini berkarier bersama klub K-1 League, Suwon FC itu, jadi salah satu pemain kunci saat Garuda Muda menang 4-1 atas Yordania.

Dia bikin assist via lemparan ke dalam untuk gol yang dicetak Komang Teguh.

6 dari 6 halaman

Ernando Ari

Ernando Ari tak tergantikan di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia U-23. Sepanjang fase grup, kiper asal Semarang, Jawa Tengah itu tampil impresif melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

Nando bahkan berhasil menepis tendangan penalti saat timnya berjumpa Australia U-23.

Kiper milik Persebaya Surabaya itu merupakan salah satu penjaga gawang yang menjadi andalan Indra Sjafri mengawal gawang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer