Sukses


Ragnar Oratmangoen Takjub dengan Kualitas Pemain Lokal Timnas Indonesia: Layak Berkarier di Luar Negeri

Bola.com, Jakarta - Winger keturunan Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, merasa takjub dengan kualitas yang dimiliki para pemain lokal saat pertama kali mendapatkan panggilan pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Perjumpaan pertama Ragnar Oratmangoen dengan para pemain Timnas Indonesia berlangsung setelah dia bersama satu pemain keturunan lainnya, Thom Haye, selesai menjalani sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Dari pengalaman itu, Ragnar mengakui bahwa skuad Merah Putih memiliki sederet pemain lokal yang berkualitas. Salah satu nama yang disinggung oleh pemain berusia 26 tahun ini ialah Marselino Ferdinan

Ragnar merasa takjub dengan potensi yang dimiliki Marselino. Gelandang berusia 19 tahun itu dibekali sejumlah kemampuan sebagai modal untuk menjadi pemain yang penting bagi Timnas Indonesia.

“Menurutku ada banyak pemain yang mempunyai potensi. Semua orang pasti tahu kalau Marselino pemain yang sangat bagus. Dia mempunyai teknik yang tinggi dan bisa mengontrol bola dengan baik,” kata Ragnar dikutip dari kanal YouTube Yussa Nugraha.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Winger Jempolan

Selain itu, Ragnar juga menyebut dua nama yang posisinya sama sepertinya, yaitu winger. Kedua sosok yang disebut oleh pemain kelahiran 21 Januari 1998 itu yakni Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

Dua pemain yang sama-sama pernah merintis karier di Eropa itu juga diakui Ragnar punya kemampuan yang baik. Dia mengaku merasa nyaman saat berduet dengan pemain-pemain ini di Timnas Indonesia.

“Saya juga menikmati bermain bersama pemain-pemain seperti Witan dan Egy. Mereka bisa mendribel bola dengan baik dan mampu membuat kombinasi di ruang yang sempit. Jadi, saya suka permainan mereka,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Berkarier di Luar Negeri

Khusus di sektor pertahanan, pemain yang kini merumput bersama klub kasta tertinggi Liga Belanda, Fortuna Sittard, itu juga mengakui Rizky Ridho sebagai sosok bek yang punya potensi besar.

Menurut Ragnar, nama-nama pemain lokal yang saat ini tersebar di beberapa klub BRI Liga 1 itu sebetulnya memiliki peluang yang cukup besar untuk melanjutkan kariernya di kompetisi luar negeri.

“Ridho juga defender yang bagus dan sangat kuat. Dia juga cepat dan bisa bermain sepak bola. Jadi, saya pikir kita punya banyak pemain yang berpotensi mendapatkan karier yang bagus,” ujar Ragnar.

4 dari 4 halaman

Debut Ciamik Ragnar

Sejauh ini, Ragnar Oratmangoen memang baru mengukir satu penampilan bersama Timnas Indonesia. Momen itu tersaji pada laga kedua melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024 itu, Ragnar langsung mengukir gol pertamanya sekaligus membantu tim asuhan Shin Tae-yong menang 3-0 atas tuan rumah.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer