Sukses


Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Pengamat: Shin Tae-yong Bawa Sepak Bola Indonesia Naik Level

Bola.com, Jakarta - Luar biasa. Itulah penampilan yang ditunjukkan Timnas Indonesia U-23 saat memulangkan Timnas Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Garuda Muda baru saja mencatat sejarah dengan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk kali pertama. Keberhasilan itu didapat setelah mereka menang atas Korsel lewat drama adu penalti dengan skor 11-10 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Laga harus dilanjutkan ke babak tos-tosan seusai kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu. Sepasang gol Timnas Indonesia U-23 dicetak Rafael Struick pada menit ke-15 dan 45+3'.

Sementara skuad muda Taeguk Warriors membalas di menit ke-45 lewat gol bunuh diri Komang Teguh Trisnanda. Kemudian satu gol lainnya dilesakkan Jeong Sang-bin di menit ke-84.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terkesima

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan pendapatnya mengenai penampilan ciamik Timnas Indonesia U-23 saat menyingkirkan Korsel. Erwan yang menonton pertandingan tersebur dibuat terkesima dengan permainan cantik Garuda Muda.

"Indonesia bermain tenang saat ada tekanan, kreatif di tengah dan tajam di depan. Sangat terorganisir dengan kondisi fisik yang sangat prima serta mentalitas pemenang yang sangat kuat," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Jumat (26/4/2024).

"Timnas kita bukan hanya sebagai tim debutan yang bisa memberikan perlawanan tapi bisa mengungguli dan mendominasi permainan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kelas Dunia

Erwan Hendarwanto tak habis-habisnya memuji performa Garuda Muda dalam perhelatan Piala Asia U-23 2024. Sejak awal, mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu sudah yakin jika armada Shin Tae-yong tersebut mampu melaju lebih jauh di turnamen ini.

Sempat keok dari Qatar pada partai pembuka, Timnas Indonesia U-23 bangkit dengan meraih tiga kemenangan beruntun. Menggilas tim-tim kuat macam Austalia, Yordania, hingga salah satu raksasa sepak bola Asia, Korea Selatan.

"Bermain 120 menit plus adu penalti dengan agresifitas yang tinggi, mentalitas yang kuat menunjukkan bahwa sepak bola kita sudah benar-benar dibawa Shin Tae-yong ke level Asia," kata Erwan Hendarwanto.

"Bahkan saya pikir ini permainan sepak bola dunia yang sangat modern. Yang pasti kami sangat bangga dengan perjuangan seluruh anggota tim yang sangat luar biasa, melawan Korea Selatan yang merupakan salah satu tim kuat di Asia," lanjut pelatih asal Magelang, Jawa Tengah tersebut.

4 dari 4 halaman

Menanti Lawan

Kini Timnas Indonesia U-23 tinggal menunggu lawan di semifinal Piala Asia U-23. Mereka akan melawan pemenang antara Uzbekistan versus Arab Saudi. Kedua tim bakal saling bentrok di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Adapun laga semifinal berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). Pertandingan ini dimulai pukul 21.00 WIB. Tiga tim teratas Piala Asia U-23 2024 secara otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Video Populer

Foto Populer