Sukses


BRI Liga 1: Waspada Mantan! Persebaya Dihantui 2 Mantan Pemain di Persik, Bakal Menyakiti Lagi?

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sedang tersungkur usai menelan tiga kekalahan beruntun di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka kini masih tertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan 39 angka dari 33 laga.

Persebaya dipermalukan 0-3 saat menjamu Dewa United (16/4/2024). Lalu, mereka juga takluk 1-3 saat bertandang ke markas Persib Bandung (20/4/2024). Terakhir, Bajul Ijo kalah 0-2 dari Dewa United (24/4/2024).

Kini, Bajul Ijo akan menjamu Persik Kediri dalam pekan ke-34 alias pekan terakhir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (28/4/2024) sore. Ada dua mantan pemain Persebaya Surabaya dalam skuat Persik yang harus diwaspadai.

Mereka adalah gelandang Ze Valente dan winger Mochammad Supriadi. Masih ada pula asisten pelatih Mustaqim di kubu Persik. Lantas, bagaimana pelatih Persebaya, Paul Munster, menyikapi ini?

“Saya fokus pada tim, saya tidak fokus pada individu, tapi saya tahu kekuatan mereka dan saya tahu kelemahan mereka. Kami juga pernah melawan mereka di liga ini, dan kami tahu cara bermain mereka. Saya akan menunjukkan kepada pemain,” kata Munster.

“Penting bagi kami untuk menunjukkan cara mereka bermain, tapi yang penting adalah cara kami bermain, bukan fokus pada tim lain. Saya akan memberi pemain kami detailnya, tapi ini tentang kami, pertandingan terakhir ini tentang kami,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Waspada Mantan

Persebaya memang harus waspada saat berjumpa mantan. Sebab, tiga kekalahan beruntun itu terjadi karena pencetak gol tim lawan berstatus mantan pemain Persebaya. Ya, keterpurukan ini juga tidak lepas dari peran nama-nama yang pernah membela Bajul Ijo.

Dimulai saat melawan, Dewa United. Ada sebanyak tujuh mantan pemain Persebaya  di skuat Dewa United saat ini. Dua dari tiga gol Dewa United dicetak oleh eks Persebaya, yakni Ricky Kambuaya dan Ahmad Nufiandani.

Lalu, Persib Bandung sukses menang 3-1 atas Persebaya. Semua gol Maung Bandung diborong oleh sang striker asing, David a Silva. Ya, penyerang asal Brasil itu mencetak hattrick ke gawang Persebaya yang merupakan mantan klubnya.

Terakhir, kekalahan 0-2 dari Bali United juga membuat Persebaya menghadapi kenyataan menyakitkan dibobol oleh sang mantan. Adalah Irfan Jaya yang membuka keunggulan timnya dalam pertandingan ini.

3 dari 5 halaman

Ze Valente

Nah, Ze Valente bergabung mulai pertengahan musim lalu, bahkan sebenarnya ditunjuk sebagai kapten Persebaya musim ini. Dia sudah paham gaya Bajul Ijo, dan kini berstatus pemain pinjaman sejak putaran kedua di Persik.

Lalu, Supriadi malah sempat jadi wonderkid dengan debut bersama Persebaya di Liga 1 2019. Setelah empat tahun, dia memilih hengkang dan membela Persik sejak awal musim ini pula.

Munster ogah dipusingkan soal keberadaan mantan. Dia lebih menekankan kepada para pemainnya untuk mau berjuang keras. Apalagi, pertandingan ini jadi yang terakhir musim ini, dan harus berakhir positif di kandang sendiri.

“Seperti yang saya katakan, ini tentang kebanggaan, bermain untuk kebanggaan, itulah kuncinya bagi para pemain. Pemain kami harus bangga, mereka harus ingin menang, mereka harus ingin bekerja, mereka harus ingin berlari,” ungkapnya.

“Banyak pemain yang masih bekerja keras, tetapi di pertandingan berikutnya mungkin akan ada banyak perubahan. Karena, pada akhirnya, begitu para pemain masuk ke lapangan, saya tidak bisa menghentikan permainan dan menunjukkan sesuatu,” tutur Munster.

4 dari 5 halaman

Produktivitas Rendah

Tim asal Kota Pahlawan juga itu masih tercatat sebagai tim dengan produktivitas gol terendah. Mereka baru mencetak 31 gol saja dalam 33 pertandingan alias memiliki rata-rata tak sampai satu gol per laga.

Di klasemen sementara, Persebaya kini masih tertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan 39 angka dari 33 laga.   

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer