Sukses


Prediksi Jepang Vs Irak di Semifinal Piala Asia U-23 2024: Sesama Raksasa Asia Ingin Mengukir Final Kedua

Bola.com, Jakarta - Duel menarik akan tersaji saat Timnas Jepang U-23 berjumpa Timnas Irak U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Keduanya sama-sama pernah mengukir prestasi mentereng di kejuaraan ini.

Menurut jadwal, pertemuan antara Jepang U-23 melawan Irak U-23 ini bakal berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Selasa (30/4/2024) pukul 00.30 dini hari WIB. Jika melihat rekam jejak sejarah, prestasi keduanya cukup berimbang.

Sebab, Jepang dan Irak sama-sama pernah satu kali meraih gelar juara. Tim muda Samurai Biru, misalnya, pernah merengkuh trofi pada edisi 2016. Sementara itu, skuad Lions of Babilons pernah naik podium pada 2013.

Kedua tim ini memang hanya pernah sekali masuk final. Selain itu, keduanya juga sama-sama pernah merebut peringkat ketiga. Momen ini diukir Jepang pada edisi terakhir, yakni 2022, sedangkan Irak pada 2016.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jalannya Tak Mulus

Selain berbagai prestasi di atas, kesamaan lainnya yang menyetarakan Jepang dan Irak ialah perjalanannya di Piala Asia U-23 2024 yang sama-sama tak mulus. Mereka bukan tim yang tak terkalahkan di fase penyisihan.

Jepang, misalnya, harus mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 0-1 pada laga pamungkas Grup B setelah mampu menyapu bersih dua pertandingan awal dengan kemenangan, yakni ketika berjumpa China (1-0) dan Uni Emirat Arab (2-0).

Sementara itu, kiprah Irak malah sempat mengejutkan. Mereka sempat kalah 0-2 dari Thailand pada laga pembuka. Beruntung, anak asuh Radhi Shenaishil sukses melewati dua ujian berikutya dengan kemenangan, yaitu saat melawan Tajikistan (4-2) dan Arab Saudi (2-1).

3 dari 4 halaman

Rawan Kebobolan

Irak memang memiliki sosok penyerang berbahaya dalam diri Ali Jasim. Sejauh ini, dia menduduki daftar top scorer dengan torehan tiga gol. Namun, masalahnya berada di konsistensi para pemain bertahan Irak yang rawan kebobolan.

Di fase penyisihan saja, gawangnya sudah kemasukan lima gol. Mereka tak bisa mengukir catatan nirbobol di fase ini. Pencapaian itu baru diraih Irak ketika menggulung Vietnam dengan skor 1-0 pada babak perempat final.

Hal ini cukup berbeda dengan catatan Jepang yang pernah mengukir dua cleansheet di fase grup. Namun, ketika lawan yang dihadapi lebih berkualitas, mereka mulai kedodoran. Yang terakhir, Jepang kebobolan dua gol saat mengalahkan Qatar 4-2 di fase gugur.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Jepang U-23 (4-2-3-1): Leo Kokubo; Hiroko Sekine, Kota Takai, Seiji Kimura, Ayumu Ohata; Rihito Yamamoto, Joel Chima Fujita; Kein Sato, Kuryu Matsuki, Fuki Yamada; Mao Hosoya

Pelatih: Go Oiwa

 

Irak U-23 (4-4-2): Hussein Hasan; Mustafa Saadoon, Hussein Amer Ojaimi, Zaid Tahseen, Ahmed Hasan; Muntadher Mohammed, Karrar Al-Mukhtar, Nihad Muhammad, Ali Al-Mosawe; Amin Al-Hamawi, Ali Jasim

Pelatih: Radhi Shenaishil

Video Populer

Foto Populer