Sukses


Beda Banget, Timnas Uzbekistan Senior Minim Prestasi, Tim Junior Jadi Macan Asia

Bola.com, Jakarta - Perbedaan pretasi ditorehkan Timnas Uzbekistan senior dan tim junior. Skuad senior Uzbekistan minim prestasi, sedangkan tim junior mampu menjadi satu di antara macan Asia.

Timnas Uzbekistan merupakan satu di antara tim yang berada di wilayah Asia Tengah. Mereka tergabung di Federasi Sepak Bola Asia Tengah bersama (CAFA) bersama Afganistan, Iran, Kirgistan, Tajikistan, dan juga Turkmenistan.

Di level Asia, mereka merupakan satu di antara tim yang disegani. Timnas Uzbekistan kini berada di peringkat 64 ranking FIFA, atau posisi delapan besar di Asia.

Meski berada di posisi 100 besar ranking FIFA, prestasi Uzbekistan ternyata tak terlalu mentereng. Mereka tak sekalipun mampu meraih gelar juara di Piala Asia.

Pretasi terbaik mereka di turnamen tersebut hanya lah peringkat keempat pada 2011 Ketika itu, Timnas Uzbekistan kalah 2-3 dari Korea Selatan pada laga perebutan peringkat ketiga di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, 28 Januari 2011.

Adapun di Piala Dunia, Uzbekistan belum pernah sekalipun meraih tiket ke putaran final. Satu-pencapaian terbaik yang pernah diukir Timnas Uzbekistan adalah medali emas Asian Games 1994.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Timnas Uzbekistan U-23 Macan Asia

Namun, prestasi berbeda ditorehkan Timnas Uzbekistan U-23. Tim yang dijuluki White Wolves tersebut mampu memperlihatkan taringnya sebagai satu di antara Macan Asia.

Sejauh ini, mereka berhasil meraih titel juara Piala Asia U-23 pada 2018. Ketika itu, Timnas Uzbekistan U-23 mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1 pada partai final yang dihelat di Changzhou Olympic Sports Centre, Changzhou, 27 Januari 2018.

Pada Piala Asia U-23 2022, Uzbekistan U-23 juga berhasil menembus final. Sayangnya, Uzbekistan yang berstatus tuan rumah gagal menjadi kampiun setelah takluk 0-2 dari Arab Saudi di final, 19 Juni 2022.

 

3 dari 3 halaman

Asa Meraih Trofi Kedua

Pada Piala Asia U-23 2024, Timnas Uzbekistan U-23 memiliki asa untuk meraih trofi kedua. Saat ini, mereka berhasil melenggang ke semifinal dan akan bentrok dengan Timnas Indonesia U-23.

Menghadapi Tim Garuda Muda di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024) malam WIB, Uzbekistan berbekal catatan mentereng. Mereka berhasil menyapu bersih kemenangan dalam empat laga yang sudah dijalani.

Timnas Uzbekistan U-23 juga berstatus tim tersubur dengan koleksi 12 gol. Tak hanya itu, Uzbekistan sukses mencatatkan clean sheet dalam empat pertandingan tersebut.

Video Populer

Foto Populer