Sukses


Mengupas Persaingan Papan Atas BRI Liga 1 Menuju Championship Series di Pekan Terakhir

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 semakin mendekati akhir dengan hanya menyisakan satu pekan saja. Muncul persaingan sengit untuk memperebutkan satu slot terakhir zona championship series maupun menghindari degradasi.

Sesuai regulasi, ada empat tim yang akan masuk championship series. Sudah ada tiga tim yang memastikan meraih tiket itu, yakni Borneo FC, Persib Bandung, dan Bali United.

Borneo FC jadi tim pertama yang berhasil lolos ke championship series setelah mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-1 di pekan ke-28 (7/3/2024). Kebetulan, mereka saat itu merayakan hari jadi yang ketujuh.

Tim berjulukan Pesut Etam itu bahkan kemudian dinobatkan sebagai juara regular series karena tak mungkin tergoyahkan di puncak klasemen. Untuk saat ini, mereka mengoleksi 70 poin dalam 33 pertandingan.

Lalu, Persib menyusul di peringkat kedua dengan 62 angka. Tiket championship mereka dapatkan setelah bermain imbang 3-3 kontra Persita Tangerang di pekan ke-31 (15/4/2024). Tim satu ini juga diprediksi akan jadi ancaman di championship series nanti.

Terakhir, Bali United memastikan tempat ketiga usai mempermalukan Persebaya dengan skor 2-0 di pekan ke-33 (24/4/2024). Serdadu Tridatu kini tercatat mengoleksi 58 angka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1 Tiket untuk Siapa?

Tersisa satu tiket championship saja yang akan didapat oleh penghuni posisi keempat klasemen akhir nanti. Ada tiga tim yang akan bersaing untuk mendapat satu slot tersisa itu.

Mereka adalah Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United. Semua pertandingan pekan ke-34 yang melibatkan tiga tim ini akan digelar bersamaan, Selasa (30/4/2024) sore.

Posisi keempat untuk sementara dihuni oleh Madura United dengan 54 poin. Tim Laskar Sape Kerap berkesempatan untuk meraih tiket championship series, syaratnya tentu saja harus menang melawan Arema FC di pekan ke-34.

Duel ini diprediksi akan berlangsung sengit. Pasalnya, Arema sendiri juga belum dalam posisi aman dari ancaman degradasi. Artinya, kedua tim akan saling sikut untuk meraih kemenangan demi misi masing-masing.

3 dari 5 halaman

Persaingan Sengit

4 dari 5 halaman

Siapa Lagi?

Lalu, ada PSIS Semarang di urutan kelima dengan 53 poin. Laskar Mahesa Jenar akan bertandang ke markas Persija Jakarta. Kemenangan tak langsung membuat PSIS lolos, tapi harus mengharap Madura United kalah juga.

Terakhir, Dewa United berada di peringkat keenam mengoleksi 51 angka. Ada kans menang dengan menghadapi Borneo FC yang sudah juara regular series. Borneo sendiri sudah menelan tiga kekalahan beruntun.

Situasi Dewa United tidak mudah karena kemenangan atas Borneo FC tidak cukup untuk membawa mereka lolos. Jika mengalahkan Borneo, Dewa United akan mengoleksi 54 angka.

Di sisi lain, Dewa United akan diuntungkan kalau Madura United kalah. Sebab, Dewa United unggul head-to-head dan berhak menduduki posisi keempat. Tapi, PSIS juga harus kalah dari Persija.

Jadi, siapa yang akan menyusul Borneo, Persib, dan Bali United?

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer