Sukses


Wika Salim, Raffi Ahmad, hingga Baim Wong Kecewa Berat kepada Wasit Piala Asia U-23 2024, Suarakan Hastag #AFCCURANGLAGI

Bola.com, Jakarta - Kepemimpinan wasit on field Shen Yinhao asal China dan wasit VAR asal Thailand, Sivakorn Pu-udom, pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, menuai reaksi keras dari masyarakat Indonesia. Figur publik Raffi Ahmad, Wika Salim, hingga Baim Wong mengecam keras dan menyuarakan #AFCCurangLagi.

Jagad media sosial dipenuhi sumpah serapah atas sejumlah keputusan wasit Shen Yinhao. Bahkan, Sivakorn Pu-udom menjadi trending topic dalam akun X pasca laga yang berakhir dengan kemenangan timnas Uzbekistan U-23 dengan skor 2-0.

Kecaman juga datang dari Darius Sinathrya yang dikenal sangat menggilai sepak bola. Darius merasa tak habis pikir dengan kepemimpinan wasit, terutama Sivakorn yang juga sempat turut andil dalam kekalahan Indonesia di laga pertama melawan tuan rumah, Qatar.

"Semua dihancurkan wasit VAR Thailand kampret yang memang tak mau Indonesia melebihi negaranya," tulis Darius dalam akun X, @Dsinathrya, Senin (30/4/2024).

Darius menyoroti sejumlah keputusan kontroversi. Salah satunya saat menganulir gol Muhammad Ferarri lantaran Ramadhan Sananta dinilai telah offside. Dalam tayangan ulang, posisi kamera tampak tidak linier dan juga pengambilan gambar yang kurang akurat lantaran diambil saat bola telah ditendang oleh Pratama Arhan.

"Gimana mau analisis VAR yang bener klo sudut kamera aja diagonal, ada dua, satu offside, satu enggak, dan posisi offiside saat bola sudah lepas dari kaki Arhan," ucap Darius.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kalah Terhormat

Kondisi tersebut seakan 'merampok' keunggulan timnas yang telah berjuang sekuat tenaga dalam menahan gempuran timnas Uzbekistan sejak sepak mula. Warganet semakin geram saat Rizky Ridho diganjar kartu merah, meski dalam tayangan ulang tampak telah memenangkan perebutan bola terlebih dahulu.

Darius berharap kekalahan ini tidak mengendurkan semangat skuat asuhan Shin Tae-yong. Pasalnya, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke Olimpiade jika menang melawan Irak atau Jepang di perebutan juara ketiga.

"Garuda Muda, Kita telah melawan Nak, Nyo. Sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya!" kata Darius.

 

3 dari 3 halaman

Mimpi Buruk Malam Ini

Tak hanya Darius, sejumlah selebriti papan atas pun tak kuasa membendung kekecewaannya atas kepemimpinan wasit malam ini. Baim Wong melalui akun Instagramnya bahkan mengunggah kompilasi video keputusan wasit yang begitu kontroversi, mulai dari menganulir potensi penalti saat Witan dilanggar di kotak penalti, menganulir gol Ferarri, serta memberi kartu merah kepada Rizky Ridho. Baim pun mengkritik AFC yang disebut harus bertanggung jawab atas pemilihan wasit yang tidak bersikap netral.

Raffi Ahmad pun mengutarakan hal yang sama. Raffi yang menggelar nonton bareng bersama keluarga dan Rizky Febrian hingga Mahalini, sempat berteriak saat Ferarri mampu menjebol gawang Uzbekistan. Namun, kegembiraan tersebut sirna saat wasit memutuskan terjadinya offside.

"#AFCCurangLagi, #AFCCheatingAgain," tulis Raffi dalam akun Instagram, @Raffinagita1717.

Wika Salim menyebut kepemimpinan wasit sangat melukai perjuangan Garuda Muda dan masyarakat Indonesia. Wika bahkan mengunggah foto wasit, Shen Yinhao dalam akun Instagram.

"Mimpi buruk malam ini, @yinhao.shen @afcasiancup," tulis Wika.

Penyanyi Aurelie pun tak ingin ketinggalan menumpahkan rasa kekesalannya terhadap wasit Shen Yinhao dan Sivakorn. Aurelie membuat jajak pendapat dari para pengikutnya di Instagram tentang kepemimpinan wasit tersebut.

"Satu kata untuk wasitnya?" tanya Aurelie.

Sejumlah warganet pun sontak menjawab dengan keras dan mengecam kualitas wasit tersebut. Pernyataan kasar hingga sarkas pun dilontarkan para pengikutnya terhadap wasit.

Video Populer

Foto Populer