Sukses


Gas Terus! Erick Thohir Pastikan Calvin Verdonk dan Jens Raven Sedang Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan pihaknya tengah menaturalisasi dua pemain lagi untuk Timnas Indonesia. Keduanya adalah Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Calvin Verdonk lahir di Dordrecht, Belanda, pada 26 April 1997. Darah Indonesianya mengalir lewat ayahnya yang berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Calvin Verdonk berposisi sebagai fullback kiri, seperti dua pemain yang sudah lebih dulu dinaturalisasi yaitu Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On plus Pratama Arhan.

Saat ini, Calvin Verdonk sedang membela NEC Nijmegen di Eredivisie 2023/2024. Pesepak bola berkaki kidal itu telah membukukan 36 penampilan di musim ini dengan perolehan dua gol dan tiga assist.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jens Raven Bisa untuk Timnas Indonesia U-20

Sementara itu, Jens Raven lahir di Belanda pada 12 Oktober 2005. Usianya masih 18 tahun dan disebut-sebut bertinggi 188 cm, lebih besar 1 cm dari penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Rafael Struick.

Garis keturunan Jens Raven berasal dari neneknya yang lahir di Yogyakarta. Pada musim ini, striker bertalenta itu bermain untuk Dordrecht U-21 di Liga Belanda U-21 dengan lesakkan enam gol dari 19 penampilan.

Jens Raven kemungkinan akan diplot untuk memperkuat timnas U-20 jika lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chila. Batas usia maksimal pemain yang bermain adalah kelahiran 1 Januari 2005.

3 dari 3 halaman

Maarten Paes Sudah Resmi WNI

Erick Thohir baru saja kembali dari Doha, Qatar, untuk menonton timnas U-23 yang kalah 0-2 dari Timnas Uzbekistan U-23 dalam babak semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Erick Thohir juga mengabarkan bahwa kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS), Maarten Paes, telah resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) setelah dilantik pada Selasa (30/4/2024) pagi WIB.

"Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat Timnas Indonesia. Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi WNI. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi," katanya dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Selasa (30/4/2024) malam WIB.

Video Populer

Foto Populer