Sukses


4 Fakta Ngeri Tentang Bintang Timnas Guinea U-23, Ilaix Moriba: Cetak Hattrick ke Gawang Real Madrid dan Pernah Diminati Man City!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga berat melawan Timnas Guinea U-23 pada playoff perebutan tiket Olimpiade 2024.

Guinea U-23 bukan lawan sembarangan. Mereka layak diwaspadai karena dihuni sederet pemain berkualitas yang berkarier di Eropa.

Sebut saja Saidou Sow (Strasbourg/Prancis), Ousmane Camara (FC Annecy/Prancis), Amadou Diallo (Stade Rennais/Prancis), Issiaga Camara (Nice/Prancis), dan Ilaix Moriba (Getafe/Spanyol).

Nama terakhir tentunya paling memantik perhatian. Ya, Ilaix Moriba sebelum memperkuat Getafe, pernah lama memperkuat Barcelona, bahkan sejak masih meniti karier. 

Siapakah sosok Moriba? Yuk scroll ke bawah untuk membaca profil singkat mengenai pemain berusia 21 tahun itu. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Punya Darah Spanyol

Ilaix Moriba lahir di Conakry, Guinea dari seorang ibu asal Guinea dan ayah asal Liberian Krahn. Yang menarik ia memulai karier sepak bola di Spanyol.

Sehingga kini ia memegang dua citizens yaitu Guinea dan Spanyol. Yang menarik, ia sempat memperkuat Spanyol U-17 dan U-18 sebelum akhirnya memutuskan gabung tim senior Guinea.

3 dari 5 halaman

2. Hattrick ke Gawang Real Madrid U-19

Hal menarik dari Ilaix Moriba adalah ia sempat dicap sebagai pemain terbaik di generasinya saat masih memperkuat tim muda Barcelona.

Karena saking spesial akatnya, ia sangat sering bermain di level usia lebih tua ketimbang umur aslinya.

Pada usia 15 tahun, ia bahkan pernah mencetak hattrick Ketika melawan Real Madrid U-19.

4 dari 5 halaman

3. Sempat Digoda Man City

Pada Januari 2019, kontrak Ilaix Moriba Bersama Barcelona mau habis. Kala itu ia sempat digoda oleh Manchester City.

Namun ia memutuskan bertahan di Barcelona dan akhirnya melakukan debut di tim senior Blaugrana pada tahun 2021 di ajang Copa Del Rey.

Pada 6 Maret 2021, ia mencetak gol perdana untuk tim senior Barcelona ke gawang Osasuna.

 

 

 

5 dari 5 halaman

4. Pindah-pindah Tim

Karier Moriba di tim senior Barcelona membuatnya diminati banyak tim papan atas Eropa.

Pada 31 Agustus 2021, ia direkrut tim Bundesliga, RB Leipzig dengan mahar 16 juta euro.

Namun 28 Januari 2022, ia gabung Valencia dengan status pinjaman. Pada 8 Januari 2024, ia Kembali dipinjamkan ke Getafe karena minim menit bermain di Leipzig.

Video Populer

Foto Populer