Sukses


Menarik Nih! Presiden FAM Ungkap Rencana Duel ‘Battle of Serumpun’ antara Malaysia Vs Timnas Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, angkat bicara soal peluang penyelenggaraan pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia dalam laga persahabatan.

Pasalnya, Timnas Indonesia dan Malaysia sudah lama tak berhadapan-hadapan di atas lapangan. Duel sarat gengsi yang di Negeri Jiran bertajuk “Battle of Serumpun’ itu sudah absen berlangsung lebih dari dua tahun.

Terakhir kali skuad Garuda dan Harimau Malaya bertarung di atas lapangan ialah pada fase penyisihan grup Piala AFF 2020. Ketika itu, Garuda sukses unggul telak dengan skor 4-1 atas Harimau Malaya.

Kedua negara ini memang punya jejak rivalitas yang panjang. Apalagi, jika dilihat dari jumlah pertemuannya, Timnas Indonesia dan Malaysia sudah berhadapan-hadapan sebanyak 97 pertandingan di semua ajang sejak 1957 sampai 2021.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pernah Diajak PSSI

Datuk Hamidin Mohd Amin mengakui, pihaknya sudah sempat menjalin komunikasi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, soal rencana pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Malaysia.

Momen itu, tepatnya terjadi pada tahun lalu. Kedua negara sempat dikabarkan bakal bertanding dalam agenda FIFA Matchday periode September 2023. Namun, kabar ini akhirnya batal terwujud.

“Erick Thohir pernah mengajak kita bertanding pada tahun lalu. Namun, saat itu waktunya tidak dapat, baik untuk tim U-23 maupun tim nasional senior,” kata Hamidin dikutip dari Harimau Malaya.

3 dari 4 halaman

Tunggu Waktu Tepat

Menurut Hamidin, pihaknya tak menampik untuk menantang Timnas Indonesia, baik di level senior maupun junior. Hanya saja, laga ini lebih baik digelar dalam kalender resmi FIFA Matchday.

“Namun, kalau ada ruang di dalam kalender FIFA, tidak ada salahnya jika kita bertanding melawan Timnas Indonesia, baik itu untuk level U-23 maupun level senior,” ujar Datuk Hamidin Mohd Amin.

“Yang jelas, kita harus menengok terlebih dahulu kesesuaian antara waktu dan juga kesiapan antara kedua pasukan,” tambah lelaki yang pernah menjabat sebagai anggota Komite Kompetisi AFC pada 2010-2014 itu.

4 dari 4 halaman

5 Pertemuan Terakhir

Timnas Indonesia terhitung lebih unggul ketimbang Malaysia pada lima pertemuan terakhir. Sebab, dari momen perjumpaan ini, skuad Merah Putih sukses menang tiga kali dan menelan dua kekalahan.

Untuk pertemuan yang terakhir, anak asuh Shin Tae-yong saat itu sukses menumbangkan Harimau Malaya dengan skor 4-1 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, pada 19 Desember 2021.

Empat gol skuad Garuda kala itu dicetak oleh Irfan Jaya (36’ dan 43’), Pratama Arhan (50’), dan Elkan Baggott (82’). Sedangkan satu-satunya gol Malaysia diukir Kogileswaran Raj (13’).

Sumber: Harimau Malaya

Video Populer

Foto Populer