Sukses


Ikut ASEAN Club Championship, Ambisi Borneo FC Besar: Bawa Indonesia ke Level Internasional

Bola.com, Jakarta - Borneo FC Samarinda menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ASEAN Club Championship (ACC) 2024/2025. Pesut Etam ikut ambil bagian pada ajang itu setelah Persija Jakarta mengundurkan diri.

Pengundian fase grup ASEAN Club Championship 2023/2024 sudah dilakukan di Hanoi, Vietnam, Kamis (9/5/2024). Hasilnya, Borneo FC tergabung di Grup B dan akan bersaing dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Sebut saja Buriram United (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia) Cong An Ha Noi FC (Vietnam), Kaya FC Iloilo (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura).

Sementara itu, wakil Indonesia yang lain, PSM Makassar ada di Grup A bersama BG Pathum United (Thailand), Terengganu FC (Malaysia), Dong A Thanh Hoa FC (Vietnam), serta dua pemenang laga play-off turnamen tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengalaman Berharga

Ini menjadi kesempatan pertama Borneo FC tampil di kompetisi internasional. Presiden Klub, Nabil Husien Said Amin, senang dan bangga timnya mewakili Indonesia di ASEAN Club Championship 2023/2024.

"Sebuah kebanggaan buat kami Borneo FC mewakili Indonesia di ajang ASEAN Club Championship. Ini langkah besar untuk bisa membawa nama baik Samarinda dan Indonesia di level internasional," ujar Nabil Husien.

“Tentu kami akan memberikan yang terbaik, karena Borneo FC ingin memberi kebanggaan kepada bangsa ini secara umum dan pendukung Borneo FC secara khusus,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Tampil di Championship Series Dulu

Rencananya kompetisi antar-negara ASEAN itu bakal bergulir pada Juli 2024 sampai akhir Mei 2025. Namun, sebelum itu Borneo FC bakal lebih dulu berjuang di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Pada babak empat besar Liga 1, Pesut Etam akan berhadapan dengan Madura United dalam laga yang berlangsung dalam format dua leg.

Borneo FC akan menjalani partai tandang ke markas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (15/4/2024).

Empat hari berselang, giliran Pesut Etam yang menjamu Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tim Pesut Etam berstatus jawara Reguler Series BRI Liga 1. Borneo FC mengumpulkan 70 poin di tabel klasemen akhir. Hasil dari 21 kemenangan, tujuh imbang, dan enam kalah dari 34 pertandingan.

 

 
4 dari 4 halaman

Hasil Undian ASEAN Club Championship 2023/2024

Grup A

  • BG Pathum United (Thailand)
  • Terengganu FC (Malaysia)
  • PSM Makassar (Indonesia)
  • Dong A Tanh Hoa FC (Vietnam)
  • Pemenang Play-Off 1
  • Pemenang Play-Off 2

Grup B

  • Buriram United (Thailand)
  • Kuala Lumpur City FC (Malaysia)
  • Cong An Ha Noi FC (Vietnam)
  • Borneo FC Samarinda (Indonesia)
  • Kaya FC - Iloilo (Filipina)
  • Lion City Sailors (Singapura)

Video Populer

Foto Populer