Sukses


Ahn Jung-hwan Jadi Saksi saat Shin Tae-yong Cerita ke TV Korea, Timnas Indonesia Kini Bukan Tim Frustrasi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menceritakan kepada televisi Korea Selatan, kegembiraan bangsa Indonesia terhadap sepak bola, setelah beberapa pencapaian semenjak ia melatih.

Acara itu bertajuk Gentleman's League yang ditayangkan JTBC pada setiap pekan. Variety show ini menampilkan sebuah tim yang diisi mantan pemain profesional, atlet bintang dari berbagai cabang olahraga membentuk klub sepak bola amatir.

Saat ini, legenda Timnas Korea Selatan, Ahn Jung-hwang, tampil sebagai pelatih.

Shin Tae-yong menjadi bintang tamu setelah Timnas Indonesia mentas di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari-Februari lalu.

Dalam episode itu, ada juga mantan gelandang Timnas Korea Selatan yang kini melatih Seongnam FC, Kim Nam-il. Ada juga legenda bulutangkis Korea, Lee Young-dae.

Di depan Ahn Jung-hwan dan Kim Nam-il, Shin Tae-yong mendapat tepukan meriah dari tim Gentleman's League setelah mengantarkan Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Tak Lagi Frustrasi

Shin Tae-yong lalu menceritakan Timnas Indonesia kini bukanlah tim yang frustrasi. Pembawa acara lalu mengucapkan Timnas Indonesia telah mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke fase knock out Piala Asia.

"Resminya jumlah penduduk Indonesia ada 270 juta orang dan 80 persennya adalah penggemar sepak bola. Namun, meski peminat sepak bola cukup tinggi, performa timnas kurang baik sehingga membuat frustrasi," katanya.

"Kami telah bekerja keras selama 4 tahun, kemampuan sepak bola mereka berkembang pesat," katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Popularitas di Indonesia

Dalam episode itu juga menampilkan popularitas Shin Tae-yong di Indonesia, terutama di media sosial.

Shin Tae-yong telah mencetak sejarah menjadikan Timnas Indonesia tembus peringkat 134 dunia. Ia juga membawa skuad Garuda lolos Piala Asia lewat kualifikasi dan tembus babak gugur untuk pertama kalinya.

Di level U-23, STY juga mengantarkan Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23.

Maka tak heran, namanya selalu dielu-elukan suporter Timnas Indonesia, baik di media sosial maupun saat di stadion.

Shin Tae-yong menjadi tokoh sepak bola Korea Selatan dengan followers IG terbanyak setelah bintang Tottenhan Hotspurs, Son Heung-min.

Followers IG STY saat ini mencapai 3,9 juta. Sedangkan Son Heung-min 14,4 juta. Untuk ukuran pelatih, jumlah followers STY tergolong luar biasa.

Jumlah pengikut Shin Tae-yong juga lebih banyak dari pemain PSG, Lee Kang-in dan bek Bayern Munchen, Kim Min-jae.

4 dari 4 halaman

Rekor Istimewa STY

Pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia melalui jalur kualifikasi

Pelatih pertama yang membawa tiga level Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia (senior, U-23, U-20)

Pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia selalu cetak gol di Piala Asia (2023)

Pelatih pertama yang membawa Skuad Garuda lolos ke 16 besar

Pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala Asia

 

Video Populer

Foto Populer