Sukses


4 Fakta di Balik Pemanggilan Timnas Indonesia: STY Cuekin Elkan Baggott, Hokky dan Sananta Menghilang

Bola.com, Jakarta - Sejumlah fakta menarik tersaji di balik munculnya daftar pemanggilan pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi dua laga terakhir Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menjelang dua pertandingan krusial melawan Irak dan Filipina itu, PSSI merilis daftar 22 nama pemain yang mendapatkan panggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada Kamis (16/5/2024) malam WIB.

Munculnya daftar panggilan skuad Merah Putih ini memang sempat menggegerkan publik. Sebab, ada beberapa nama pemain andalan Shin Tae-yong yang akhirnya menghilang. Ada tanda tanya besar di balik pemanggilan tersebut.

Selain itu, ada dua nama pemain keturunan yang dicari-cari oleh netizen. Ada pula duo striker lokal yang belakangan ini rutin dipanggil Shin Tae-yong, tetapi namanya absen di Timnas Indonesia kali ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tanpa Pemain Championship Series

Dari seluruh daftar pemain yang dirilis PSSI, tidak ada satu pun nama pemain yang berasal dari jajaran empat besar BRI Liga 1 2023/2024. Mereka saat ini tengah berjuang menghadapi fase championship series.

Di kubu Persib Bandung, tiga nama yang biasa mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong ialah Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Edo Febriansyah. Dari Borneo FC, tidak ada Nadeo Argawinata dan Adam Alis.

Sementara itu, dua peserta championship series lainnya, Madura United dan Bali United, belakangan ini memang sudah jarang mengirim pemainnya untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

3 dari 5 halaman

Dua Striker Tersingkir

Mengulik jajaran pemain di lini depan, tidak ada dua penyerang muda yang belakangan kerap menghiasi daftar panggilan Shin Tae-yong, yakni Hokky Caraka (PSS Sleman) dan Ramadhan Sananta (Persis Solo).

Padahal, keduanya sudah bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala Asia U-23 2024. Sebagai gantinya, hanya ada empat pemain yang mendapatkan panggilan jelang laga kontra Irak dan Filipina itu.

Mereka adalah Dimas Drajad, Ragnar Oratmangoen, Egy Maulana Vikri, dan Rafael Struick. Selain itu, sosok pemain lain yang sebetulnya kerap dipanggil tapi kini tak muncul ialah Witan Sulaeman.

 

4 dari 5 halaman

Elkan Baggott Dicuekin

Menghilangnya nama Elkan Baggott di jajaran pemain bertahan juga tak kalah menggegerkan. Padahal, bek keturunan Indonesia-Inggris ini sudah menjadi salah satu pemain penting di Timnas Indonesia.

Pemain berusia 21 tahun itu padahal sempat tampil di Piala Asia 2023. Namun, namanya kembali absen saat dua pertandingan melawan Vietnam pada Maret 2023 lalu.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong memanggil dua bek muda andalannya, Jay Idzes dan Justin Hubner. Jordi Amat yang sempat beberapa kali absen kini kembali muncul dalam daftar panggilan.

 

5 dari 5 halaman

Maarten Paes Belum Dipanggil

Selain itu, deretan nama penjaga gawang yang mendapatkan panggilan juga memunculkan fakta menarik lainnya. Sebab, ternyata belum ada sosok Maarten Paes untuk laga yang berlangsung bulan Juni tersebut.

Padahal, Maarten Paes telah menjalani sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI). Absennya kiper kelahiran Belanda itu membuat publik bertanya-tanya soal nasib pemain FC Dallas tersebut.

Untuk agenda FIFA Matchday kali ini, Shin Tae-yong juga hanya memanggil dua penjaga gawang muda, yakni Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang) dan Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya).

Video Populer

Foto Populer