Sukses


Jelang Piala AFF U-16 2024: Sebulan TC di Yogyakarta, Begini Kondisi Terkini Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Sleman - Sudah lebih dari sebulan Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan atau training center (TC) di Yogyakarta. Agenda TC sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 2024 di Solo pada 24 Juni-4 Juli. Lantas, bagaimana perkembangan tim?

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memberikan komentarnya. Juru taktik berusia 44 tahun itu mengatakan, para pemain dalam kondisi baik. TC yang digelar di Kota Gudeg sejak 18 April tersebut berjalan lancar tanpa kendala.

"Persiapan sejauh ini semuanya berjalan dengan baik ya, semenjak saya datang setelah saya belum bisa bergabung karena saat itu di Qatar," ujar Nova Arianto saat ditemui Bola.com di sela latihan Timnas Indonesia U-16 di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Mlati, Sleman, Yogyakarta, Rabu (22/5/2024) pagi WIB.

"Kalau dari timnya sih kami start pada 18 April TC di Kaliurang. Setelah saya tiba, sampai saat ini saya lihat kondisi pemain sangat-sangat baik. Harapannya mereka bisa maintenance kondisinya sampai di Piala AFF U-16 nanti," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sehari Latihan 2 Kali

Selama di Yogyakarta, tim berjulukan Garuda Muda itu berlatih di dua lokasi berbeda: Lapangan YIS dan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Latihan digelar dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

"Kami latihan dua kali dalam sehari dengan durasi 90 menit. Di Yogyakarta sekarang kami berlatih di antara Lapangan YIS atau Stadion Mandala Krida. Kemudian Sabtu dan Minggu kami istirahat," tutur Nova Arianto.

Dari pantauan Bola.com, latihan Timnas Indonesia U-16 yang dihelat pada Rabu (22/5/2024) pukul 07.00 WIB sampai 08.30 WIB berlangsung lancar. Pada latihan kali ini, skuad Garuda Muda diberi menu mini game.

Pemain dibagi menjadi dua tim dengan menggunakan rompi orange dan jersey latihan berwarna hijau putih. Sesi latihan ditutup dengan melakukan ice bathing alias berendam di air es.

 

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Kondisi Fisik

Mantan bek andalan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya itu membeberkan, tim pelatih fokus meningkatkan kondisi fisik para pemain pada masa awal pemusatan latihan. Oleh karena itu, Kaliurang, Sleman dipilih sebagai lokasi karena tempatnya berada di kawasan kaki Gunung Merapi.

"Perkembangan sebulan memang fokus kami di seminggu pertama atau dua minggu pertama adalah masalah persiapan umum kami adalah di masalah fisik ya," katanya.

"Memang kami lakukan di Kaliurang untuk meningkatkan VO2Max dan massa otot mereka, latihan di Kaliurang dengan jogging dan latihan sehari tiga kali," lanjut Nova.

"Karena dari hasil seleksi dua faktor itu belum dilengkapi. Setelah hampir satu bulan, kami pindah ke Kota Yogyakarta yang lebih bawah. Itu saya lihat progres pemain secara fisikal cukup baik dan saat ini kami masuk ke taktik," jelas Nova Arianto.

 

4 dari 4 halaman

Berlakukan Promosi Degradasi

Saat ini ada 34 pemain yang menjalani pemusatan latihan. Tiga di antaranya adalah personel Diaspora. Nova Arianto menyebutkan pihaknya bakal memberlakukan sistem promosi dan degradasi bagi skuadnya.

Nantinya hanya ada 23 pemain saja yang dibawa ke Solo. Sistem pencoretan dilakukan sampai H-1 pertandingan.

"Total saat ini ada 34 pemain tetapi kami selalu melakukan promosi degradasi sampai nanti benar-benar di H-1 sebelum pertandingan. Hanya 23 pemain yang akan kami bawa di Piala AFF," terangnya.

"Pemain Diaspora di awal kami ada tujuh orang yang di tanggal 1 April kami lakukan seleksi, saat ini tinggal tiga pemain yang masih bergabung dan kami masih akan lihat apakah dia benar-benar bisa kami bawa di AFF nanti."

"Mereka memiliki peluang yang sama. Saat ini akan terus kami lihat dalam waktu dekat nanti kami akan bergerak ke Solo untuk menyesuaikan dengan kota penyelenggaraan turnamen," pungkas Nova Arianto.

Video Populer

Foto Populer