Sukses


Maarten Paes dan Gerbong Naturalisasi Susulan yang Berpeluang Membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melanjutkan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Skuad Garuda itu tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke putaran ketiga.

Dalam dua partai tersisa Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia bakal menjamu Timnas Irak pada 6 Juni 2024 dan Timnas Filipina pada lima hari berselang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Di klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak memimpin dengan 12 poin dari empat pertandingan, disusul Timnas Indonesia lewat tujuh angka, Timnas Vietnam dengan tiga poin, dan Filipina lewat satu angka.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menetapkan 22 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun kabarnya, arsitek asal Korea Selatan itu menyediakan slot lagi untuk dua pemain.

Lantas, siapa saja gerbong naturalisasi yang bisa menyusul bergabung dengan Timnas Indonesia? Berikut Bola.com merangkum tiga di antaranya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Maarten Paes

Maarten Paes telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada akhir April 2024. Namun, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu belum bisa membela Timnas Indonesia.

PSSI masih harus memproses perpindahan federasi Maarten Paes dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke FIFA. Tetapi, prosesnya tidak semudah yang dibayangkan.

Konon, PSSI sedang membawa kasus Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga alias CAS. Sebab, penjaga gawang berusia 26 tahun itu pernah membela Timnas Belanda level usia.

Maarten Paes telah membukukan 13 penampilan untuk FC Dallas di musim ini. Dari jumlah itu, mantan kiper FC Utrecht tersebut kebobolan 17 kali dan mencatatkan tiga cleansheet.

3 dari 4 halaman

Calvin Verdonk

Calvin Verdonk masih menjalani proses naturalisasi. Pengajuan perpindahan kewarganegaraannya dari Belanda ke Indonesia kabarnya telah masuk pembahasan DPR RI.

Namun, naturalisasi Calvin Verdonk harus berlomba dengan waktu. PSSI tinggal mempunyai waktu dua pekan untuk meresmikan perpindahan kewarganegaraan plus peralihan federasi.

Calvin Verdonk bakal menambah dalam persaingan wingback kiri Timnas Indonesia yang sebelumnya telah memiliki Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, hingga Shayne Pattynama.

Calvin Verdonk adalah pemain utama untuk NEC Nijmegen di Eredivisie 2023/2024. Pesepak bola berusia 27 tahun itu merangkum 33 penampilan dengan dua gol, dua assist, dan dua kartu kuning.

4 dari 4 halaman

Jens Raven

Jens Raven berstatus pemain Dordrecht U-21 di Liga Belanda U-21. Keturunan Yogyakarta, penyerang berusia 18 tahun itu mencetak enam gol dalam 19 penampilan di musim ini.

Sebenarnya, Jens Raven diproyeksikan untuk membela timnas U-20, alih-alih Timnas Indonesia, yang mempunyai ambisi besar dengan lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Sama seperti Calvin Verdonk, Jens Raven juga masih dalam tahap naturalisasi. Perpindahan kewarganegaraannya dari Belanda menjadi WNI sedang dibahas di DPR.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer