Sukses


Deretan Fakta Menarik Piala AFF 2024: Tampilan Baru tetapi Format Tetap yang Lama

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tidak lama lagi berlaga di Piala AFF 2024. Turnamen paling bergengsi antarnegara di kawasan Asia Tenggara itu akan berlangsung pada 23 November - 21 Desember 2024.

Proses drawing Piala AFF 2024 berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (21/5/2024) siang WIB. Hasilnya, Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Timnas Vietnam, Timnas Filipina, Timnas Myanmar, dan Timnas Laos.

Adapun Grup A dihuni tiga kontestan yang pernah merasakan gelar jawara ajang tersebut. Ketiga tim yang dimaksud adalah Thailand, Malaysia, dan Singapura. Tim Garuda selalu menunjukkan gairah dan ambisi untuk bersaing dalam ajang ini. Maklum, sepanjang perhelatan turnamen, Timnas Indonesia belum pernah sekalipun menjadi jawara Piala AFF.

Catatan terbaik mereka yakni runner-up sebanyak enam kali. Dalam edisi terakhir, Timnas Indonesia hanya berstatus semifinalis Piala AFF 2022. Tim Garuda kalah dari Vietnam dengan agregat 0-2.

Piala AFF 2024 mengalami beberapa perubahan menarik. Apa saja? Bola.com menyajikan ulasannya di bawah ini.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Berganti Nama

Pada tahun ini, Piala AFF berganti nama menjadi ASEAN Championship. Konfederasi Sepak Bola Asia alias AFF resmi mengumumkan perubahan nama tersebut pada Februari 2024.

Jauh sebelum itu, ajang ini bernama Tiger Cup (1996-2004). Kemudian pada 2018-2020 Piala AFF Suzuki, dan di 2022 bertitel Piala AFF Mitsubishi Electric.

Selain nama, AFF juga meluncurkan logo baru yang terdiri dari tiga elemen grafis utama. Tenunan persatuan menunjukkan pola persilangan dari gumpalan padi, bahan pokok terpenting di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), yang menjadi ikon utama.

Presiden AFF, Khiev Sameth, mengungkapkan makna dari logo baru ASEAN Cup 2024. Dia menyebutnya sebagai representasi dari pencinta sepak bola di kawasan Asia Tenggara.

 

3 dari 6 halaman

Format Piala AFF 2024

Sama seperti edisi sebelumnya, Piala AFF 2024 akan dimainkan dengan format round-robin pada fase grup. Setiap tim akan memainkan dua partai kandang dan dua laga tandang.

Dua tim teratas pada klasemen akhir Grup A dan Grup B otomatis melaju ke semifinal. Pada fase ini, pertandingan akan dimainkan dua leg. Format yang sama dipakai pada laga final.

 

4 dari 6 halaman

Piala AFF 2024 alias ASEAN Cup 2024 tetap menggandeng Mitsubishi Electric sebagai sponsor utama. Perusahaan manufaktur peralatan elektronik dan listrik multinasional asal Jepang itu sudah mensponsori ajang ini sejak 2022.

Di sisi lain, Piala AFF pernah identik dengan beberapa sponsor. Pada edisi 1996 sampai 2004 turnamen ini disponsori Tiger, perusahaan minuman asal Singapura.

Kemudian sejak 2008 hingga 2020, produsen otomotif asal Jepang, Suzuki, didapuk sebagai sponsor utama. Ketika itu, Piala AFF dikenal dengan sebutan AFF Suzuki Cup.

 

5 dari 6 halaman

Hasil Drawing Fase Grup Piala AFF 2024

Grup A: Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam/Timor Leste

Grup B: Vietnam, Timnas Indonesia, Filipina, Myanmar, Laos

 

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

24 November 2024

  • Myanmar Vs Timnas Indonesia

27 November 2024

  • Timnas Indonesia Vs Laos

30 November 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia

7 Desember 2024

  • Timnas Indonesia Vs Filipina
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer