Sukses


Statistik Maarten Paes Bersama FC Dallas Musim Ini: Enggak Salah Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Calon penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes, menjadi aktor penting di balik keberhasilan FC Dallas melenggang ke babak delapan besar US Open Cup 2024. Musim ini, statistiknya memang terhitung oke.

Dalam duel yang berlangsung di Al Lang Stadium, St Petersburg, Florida, Kamis (23/5/2024) pagi WIB, Maarten Paes sukses membawa FC Dallas menumbangkan Tampa Bay Rowdies dengan skor 2-1.

Pada laga ini, kiper kelahiran Belanda itu mengukir catatan yang mentereng. Meskipun kebobolan satu gol, Maarten Paes sukses menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik alias Man of the Match.

Pasalnya, sepanjang pertandingan, Maarten Paes sukses melakukan delapan penyelamatan. Satu-satunya gol yang bersarang di gawangnya itu juga tercipta lewat titik putih alias eksekusi penalti.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Statistik Ciamik

Maarten Paes menjadi salah satu pemain yang terhitung penting di skuad Dallas FC pada musim ini. Sebab, penjaga gawang berusia 26 tahun itu selalu menjadi pilihan utama untuk menjaga gawang.

Di ajang Major League Soccer (MLS), misalnya, Maarten Paes selalu diturunkan sebagai starter dalam 12 pertandingan. Hasilnya, dia mengukir tiga kali cleansheet dan gawangnya kemasukan 17 gol.

Adapun di ajang US Open Cup 2024, Maarten Paes membawa timnya melenggang melewati setiap adangan. Sebelum menang atas TB Rowdies, mereka sukses menumbangkan Memphis 901 dengan skor 1-0.

Maarten Paes tentu memiliki peluang untuk memperbaiki rekornya bersama FC Dallas pada musim lalu. Pada MLS 2023, dia bermain sebanyak 30 kali dan hanya empat kali absen dengan catatan delapan cleansheet dan 29 kebobolan.

3 dari 3 halaman

Menunggu Panggilan Garuda

Saat ini, Maarten Paes masih menunggu pemanggilan pertamanya dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pasalnya, namanya belum muncul dalam daftar 22 pemain yang dipanggil untuk melawan Irak dan Filipina.

Shin Tae-yong baru memanggil Ernando Ari (Persebaya Surabaya) dan Adi Satryo (PSIS Semarang). Padahal, Maarten Paes sudah melakukan sumpah sebagai warga negara Indonesia sejak April 2024.

Diduga, absennya nama pemain berusia 26 tahun pada dua laga yang berlangsung Juni 2024 itu tak terlepas dari proses perpindahan federasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menjadi PSSI belum disetujui oleh FIFA.

Ini tak terlepas dari catatan Maarten Paes yang pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21, termasuk di Kualifikasi Euro U-2021 2021.

Video Populer

Foto Populer