Sukses


Soal Peran Ganda di Timnas Indonesia, Nova Arianto: Sudah Mendapat Izin Shin Tae-yong

Bola.com, Sleman - Nova Arianto memegang peran ganda di Timnas Indonesia. Selain sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di tim senior dan U-23, sosok berusia 44 tahun itu kini juga mengemban tugas sebagai head coach kelompok usia.

Ya, Nova Arianto sejak beberapa bulan lalu ditunjuk PSSI sebagai nakhoda baru Timnas Indonesia U-16. Mantan bek Persebaya Surabaya dan Persib Bandung itu menggantikan peran Bima Sakti.

Juru taktik kelahiran Semarang, Jawa Tengah tersebut saat ini tengah fokus mempersiapkan anak asuhnya untuk menghadapi Piala Asia U-16 2024. Turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu berlangsung di Solo, Jawa Tengah mulai 24 Juni sampai 4 Juli mendatang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Dapat Izin

Soal statusnya di skuad Garuda saat ini, Nova Arianto angkat bicara. Pelatih kelahiran 4 November 1979 itu mengaku sudah mendapat restu Shin Tae-yong untuk menukangi Timnas Indonesia U-16.

"Ya kebetulan saya sudah minta izin dengan beliau buat saya fokus di sini. Dan emang saya direncanakan tanggal 4 Juni baru bisa bergabung dengan Timnas Indonesia senior," ujarnya kepada Bola.com, Kamis (23/5/2024).

"Jadi pada 4 sampai 11 Juni saya akan ke Jakarta bergabung dengan Timnas senior," sambung pemilik nama lengkap Nova Arianto Sartono itu.

 

3 dari 4 halaman

Super Sibuk

Nova Arianto akan dihadapkan jadwal super sibuk beberapa bulan ini. Sebelumnya, ketika Timnas Indonesia U-16 memulai pemusatan latihan atau training center (TC) di Yogyakarta pada 18 April, dia berhalangan hadir.

Saat itu Nova Arianto masih mendampingi Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 hingga play-off Olimpiade Paris 2024. Alhasil, dia pun baru bisa memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-16 pada pekan lalu.

Nah, sementara awal bulan depan, Nova Arianto harus terbang ke Jakarta untuk bergabung dengan Timnas senior. Tim Garuda bakal melakoni dua laga terakhir putaran kedua Grup F kPiala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. Tim Garuda bersua Timnas Irak lebih dulu pada 6 Juni 2024. Lima hari kemudian, giliran Timnas Filipina yang bertandang ke Jakarta.

 

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Pria yang juga pernah berseragam Pelita Bandung Raya itu sudah cukup lama bekerja sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong. Banyak hal yang didapat Nova Arianto selama menjadi tangan kanan arsitek asal Korea Selatan tersebut.

"Saya bersyukur bisa bersama dengan Coach Shin Tae-yong. Saya bisa tahu apa kekurangan di tim U-23 dan senior," kata pelatih berpostur 187 cm itu.

"Itu menjadi fokus saya dalam memperbaiki Timnas Indonesia U-16 agar nanti mereka naik ke atas pemain ini sudah terbiasa dengan apa yang diterapkan di sana," pungkas Nova Arianto.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer