Sukses


Mengenal Sacha Deighton, Calon Pemain Timnas Indonesia U-20 yang berkiprah di Belanda

Bola.com, Jakarta Ini dia calon bintang muda Timnas Indonesia U-20. Namanya Sacha Deighton. Dalam waktu yang tak lama lagi dan jika tak ada aral melintang, Sacha Deighton akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) via program naturalisasi.

Saat ini, Sacha Deighton masih berada di Belanda dan di sana ia bermain untuk De Treffers U-21.

Belum lama ini, bek 18 tahun tersebut sudah bersua pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri. Dalam lawatannya ke Negara Kincir Angin, selain Sacha Deighton, Indra Sjafri juga bersua enam pemain muda keturunan lainnya.

Hasilnya sangat menggembirakan.

"Peran Ketum PSSI (Erick Thohir) untuk anak-anak keturunan menjadi hal yang sangat signifikan untuk menguatkan mereka gabung," kata Indra Sjafri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Keturunan Ambon

Darah Indonesia mengalir deras di tubuh Sacha Deighton. Meski ayahnya lahir, besar, dan menetap di Belanda tapi kakek dan neneknya Indonesia tulen. Kakeknya dari Jakarta, sedangkan sang nenek dari Ambon.

Sacha Deighton akan menjadi solusi jitu di lini belakang Timnas Indonesia U-20 yang pada 3 hingga 16 Juni mendatang akan bertarung di Toulin Cup Prancis 2024.

Dari 37 pemain Timnas Indonesia U-20 yang kini tengah digojlok, 13 di antaranya merupakan pemain bertahan seperti Kadek Arel Priyatna (Bali United), M. Iqbal Gwijangge (Barito Putera), Sulthan Zaky (PSM Makassar), dan Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta).

3 dari 5 halaman

Menanti

Kehadiran Sacha Deighton pastinya akan menambah sangar benteng Timnas Indonesia U-20, terlebih pasukan Indra Sjafri rencananya juga akan mengarungi dua ajang bergengsi yakni Piala AFF U-19 2024 pada Juli mendatang dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Sacha Deighton sendiri sudah tak sabar dinaturalisasi. Maklum, pengagum Virgil van Dijk itu sudah ngebet ingin mengenakan jersey kebangaan Timnas Indonesia.

"Cita-citaku adalah bermain untuk Timnas Indonesia," kata Sacha Deighton, seperti dikutip dari tayangan YouTube Yussa Nugraha.

4 dari 5 halaman

Tak Lupa Tanah Leluhur

Menurut Sacha Deighton, ia tak mungkin melupakan Indonesia, tanah lelulurnya. Apalagi, saat ini, PSSI di bawah pimpinan Erick Thohir membuka pintu selebar-lebarnya kepada pemain keturunan yang ada di luar negeri untuk mudik membela panji-panji Merah Putih di pentas balbalan Internasional.

Revolusi PSSI ala naturalisasi yang kian gencar dalam dua tahun terakhir berbuah manis. Setelah Timnas Senior sukses menembus babak 16 besar Piala Asia 2023, terkini giliran Timnas Indonesia U-23 yang bikin sejarah di panggung akbar Piala Asia U-23 Qatar.

Diperkuat Justin Hubner, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, serta Rafael Struick Garuda Muda besutan Shin Tae-yong melangkah hingga ke semifinal.

Pencapaian spektakuler itulah yang kini coba ditorehkan Sacha Deighton bersama Timnas Indonesia U-20. "Karena aku pikir kita harus membela darah kita sendiri," ujar Sacha Deighton.

5 dari 5 halaman

Sosok Sacha Deighton

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sacha Deighton (@sacha_deighton)

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer