Sukses


Mengenal Toulon: Turnamen Usia Muda Legendaris Tempat Lahirnya pada Legenda yang Berganti Nama

Bola.com, Jakarta - Prancis dikenal sebagai salah satu kiblat sepak bola Eropa. Negara tersebut pun memiliki sebuah turnamen usia muda legendaris yang dahulu bernama Toulon Tournament.

Belakangan nama itu ditinggalkan. Kini nama Maurice Revello Tournament secara resmi dipakai untuk menamai turnamen usia muda tersebut.

Timnas Indonesia U-20 akan terlibat di Maurice Revello Tournament 2024. Ajang itu akan digelar di Prancis pada 3 Juni mendatang.

Bola.com mengajak pembaca mengenal lebih dalam mengenai Mauric Revello Tournament. Turnamen ini pertama kali digelar pada 1967.

Saat pertama digelar, Maurice Revello Tournament tak hanya diikuti oleh negara. Klub pun bisa berlaga di turnamen tersebut saat itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penghormatan

Perubahan nama dari Toulon Tournament menuju Maurice Revello Tournament bukan tanpa alasan. Perubahan itu dilakukan untuk mendiang Maurice Revello.

Sosok Maurice Revello sangat penting bagi turnamen ini. Sosok asal Prancis itu adalah penggagas Toulon Tournament.

Sayangnya, Maurice Revello sudah meninggal sejak 2016. Namun, turnamen warisannya masih terus digelar sampai saat ini.

3 dari 5 halaman

Aturan Unik

Maurice Revello Tournament adalah turnamen untuk tim usia muda. Namun, tidak ada batasan satu usai tertentu pada turnamen ini.

Tim dari U-17 hingga U-23 bisa ikut serta di Maurice Revello Tournament. Misalnya yang terjadi pada edisi 2024.

Indonesia mengirim Timnas Indonesia U-20. Tim asuhan Indra Sjafri akan bersaing di Grup B dengan Timnas Ukraina U-23, Timnas Jepang U-21, Timnas Italia U-20, dan Timnas Panama U-21.

4 dari 5 halaman

Panggung Awal Para Legenda

Maurice Revello Tournament juga menjadi salah satu ajang batu loncatan para legenda sepak bola dunia. Banyak dari mereka yang sempat berlaga di turnamen ini.

Misalnya Jean-Pierre Papin (1985), Taffarel (1987), Alan Shearer (1991), Rui Costa (1992), Thierry Henry (1997), Juan Roman Riquelme (1998), Hugo Lloris (2006), dan banyak lagi yang lain.

Mathys Tel menjadi lulusan terbaru dari Maurice Revello Tournament. Bintang muda Bayern Munchen itu tampil pada edisi 2023.

5 dari 5 halaman

Partisipasi Ketiga

Sebelum edisi Maurice Revello Tournament 2024, Indonesia sudah dua kali berlaga di turnamen itu. Saat itu Timnas Indonesia U-19 tampil pada edisi 2017 dan 2022.

Pada edisi 2017, Timnas Indonesia U-19 selalu kalah di babak grup. Witan Sulaeman dan kawan-kawan pun gagal melaju ke fase gugur.

Pada edisi 2022, Timnas Indonesia U-19 tampil cukup baik. Mereka meraih satu kemenangan dan mengakhiri turnamen di posisi ke-10. 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer