Sukses


Maarten Paes Terbentur Statuta FIFA untuk Bela Timnas Indonesia, PSSI Lapor ke CAS

Bola.com, Jakarta - Kiper naturalisasi Maarten Paes dikabarkan terbentur statuta FIFA untuk bisa membela Timnas Indonesia. Untuk mencari solusi, PSSI mengonfirmasi telah membawa masalah ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Maarten Paes sudah diambil sumpah dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir April 2024. Namun, kiper yang berkiprah di Amerika Serikat itu belum bisa memperkuat Timnas Indonesia. Statuta FIFA menjadi penghambat.

Perpindahan federasi Maarten Paes dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI terbentur Pasal 9 ayat ketiga huruf b Statuta FIFA tentang Perpindahan Asosiasi.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi pasal dalam Statuta FIFA itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

PSSI Cari Cara agar Maarten Paes Memperkuat Timnas Indonesia

Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21. Penampilan terakhirnya berlangsung pada 15 November 2020 di babak Kualifikasi Euro U-21 2021 saat menginjak umur 22 tahun.

"Ini perlu saya sampaikan informasi terbaru mengenai Marteen Paes. Jadi begini, Marteen Paes ini ada pertandingan ketika dia sudah berusia 22 tahun," ujar anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

"Menurut Statuta FIFA itu tidak diperbolehkan lagi pindah federasi, tapi masih ada celah kenapa sampai dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda, dan ini sudah kami konfirmasi dengan KNVB," katanya menambahkan.

3 dari 3 halaman

PSSI Terus Perjuangkan Maarten Paes

Menurut Arya Sinulingga, PSSI punya hak untuk membuat pengajuan ke CAS agar Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia. Sebab, Maarten Paes kini sudah menyandang status WNI.

"Jadi ada syaratnya, tapi kita harus punya hak untuk mengajukan ke CAS, jadi dasarnya apa, Maarten Paes harus menjadi orang Indonesia," tutur Arya Sinulingga.

"Makanya kemarin Marteen Paes menjadi WNI. Jadi setelah dia menjadi WNI, kita punya hak sebagai negara untuk maju ke CAS. Kalau dia tidak WNI, kita tidak punya hak, makanya Maarten Paes jadi WNI dulu."

"Setelah itu baru kita ke CAS. Celahnya itu kenapa dia di usia 22 masih bermain untuk Belanda, itu yang akan kita bawa ke CAS. Jadi doakan secepatnya ada proses yang baik sehingga Maarten Paes bisa menjadi pemain Timnas Indonesia," imbuh Arya Sinulingga.

Sumber: Bola.net (Fitri Apriani/Asad Arifin, published 25/5/2024)

Video Populer

Foto Populer