Sukses


Jelang Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto Siapkan Skema Paling Pas untuk Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Sleman - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto sudah mulai mencari racikan formasi yang pas bagi anak asuhnya jelang tampil di Piala AFF U-16 2024. Rencananya pada ajang dua tahunan tersebut Garuda Muda akan menerapkan skema 4-4-2 dan 4-3-3.

Timnas Indonesia U-16 tidak lama lagi berlaga di Piala AFF U-16 2024. Turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu berlangsung di Solo, Jawa Tengah mulai 24 Juni-4 Juli 2024.

"Kami akan memasukkan ke pemain formasi apa yang akan rencana kami bawa ke Piala AFF U-16. Formasi 4-4-2 dan 4-3-3 itu rencana filosofi yang akan kami kenalkan ke pemain," ujar Nova Arianto kepada Bola.com, Jumat (24/5/2024) petang.

"Kondisi pemain sangat baik. Saat ini kami latihan sudah masuk ke taktikal, bagaimana kami mencari formasi terbaik yang akan kami bawa ke Piala AFF. Jadi kami persiapakan dengan baik," sambung pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Gelar Uji Coba

Rangkaian persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa bulan belakangan ini. Garuda Muda melakoni pemusatan latihan atau training center (TC) selama sebulan lebih di Yogyakarta.

Total ada 34 pemain yang mengikuti TC di Kota Pelajar. Beberapa nama yang dipanggil merupakan personel diaspora. Namun, nantinya, hanya 23 pemain saja yang dibawa ke Solo.

Tidak hanya menggeber latihan, mereka juga menggelar rangkaian uji coba. Itu dilakukan untuk mengukur hasil latihan tim.

"Kami juga ada uji coba lawan PSS Sleman U-16 di Sabtu pagi," kata Nova Arianto.

"Terus hari Jumat minggu depan kami akan lawan Terang Bangsa dari Semarang. Saya mau lihat situasi pemain dengan apa yang sudah saya berikan satu Minggu terakhir ini bisa jalan atau tidak," imbuh pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

3 dari 3 halaman

Tanpa Kendala

Secara keseluruhan, pelatih berusia 44 tahun itu menyebut persiapan sejauh ini berjalan lancar. Menurutnya, para pemain menjalani pemusatan latihan dengan penuh semangat.

"Kendala belum ada selama ini, enggak ada masalah. Semoga pemain lebih siap dan lebih berprogres ke depannya. Sehingga nanti di kompetisi Piala AFF bisa lebih maksimal," harap Nova Arianto.

Hanya saja, pada latihan yang berlangsung di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman, Jumat (24/5/2024) sore, ada tiga pemain Timnas Indonesia U-16 yang mendapat perawatan di pinggir lapangan.

"Ada tiga pemain yang cedera yakni Daniel Alfredo, Fandi Ahmad sama Rafael. Ada sedikit cedera tapi enggak ada masalah. Semoga bisa cepat sembuh dan bergabung lagi dengan tim," paparnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer