Sukses


Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Bola.com, Jakarta - Ajang AFF ASEAN Championship akan digelar November. Undian ajang yang dahulu bernama Piala AFF itu digelar di Hanoi, Vietnam, Selasa (21/5/2024). Timnas Indonesia seperti berjodoh dengan Vietnam, yang kembali tergabung ke dalam satu grup kembali.

Dalam hasil undian itu, Timnas Indonesia ada di Grup B. Tim asuhan Shin Tae-yong tergabung dengan Filipina, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Hasil undian ini tentu sangat menarik. Sebab, Timnas Indonesia kembali harus berhadapan dengan Vietnam sejak babak grup AFF ASEAN Championship 2024.

Kedua tim sudah sangat sering bertemu belakangan ini. Baik di level regional Asia Tenggara, maupun di level Asia.

Pertemuan terkini keduanya terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia menang dua kali dari dua laga saat itu.

Sementara itu dua tim dengan peringkat terendah, Brunei Darussalam dan Timor Leste harus menjalani laga kualifikasi. Keduanya akan berlaga dalam dua leg.

Pemenang dari laga ini akan tergabung di Grup A. Di sana sudah menunggu Thailand, Malaysia, Singapura, dan Kamboja.

Timnas Indonesia masih belum bisa menjadi juara di ajang AFF ASEAN Championship. Padahal, Garuda sudah enam kali berlaga di babak final.

Sayangnya, dari enam laga final itu Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan. Termasuk yang dialami pada Piala AFF 2020.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kandang Tandang

Kali ini, panpel merealisasikan aturan baru, yakni metode kandang dan tandang bagi seluruh tim. Artinya, tak ada lagi tuan rumah atau sistem bubble. Oleh karena itu, setiap partisipan akan mendapat kesempatan dua kali berstatus tuan rumah.

Pasca-pengundian, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hanya tertawa saja. Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji membocorkan reaksi tersebut. "Sudah, sudah berkomunikasi dengan Coach Shin, dia ketawa saja," kata Sumardji.

Bagi Timnas Indonesia, keikutsertaan pada Piala AFF selalu menjadi ambisi besar. Maklum, sepanjang sejarah, Timnas Indonesia belum pernah menjadi jawara di turnamen paling bergengsi antarnegara di kawasan Asia Tenggara ini.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Yuk, simak jadwal lengkap Grup B Piala AFF 2024 :

24 November 2024

  • Myanmar Vs Indonesia (Thuwunna Stadium, Yangon)
  • Laos Vs Vietnam (New Laos National Stadium, Vientiane)

27 November 2024

  • Indonesia Vs Laos (Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta)
  • Filipina Vs Myanmar (Rizal Memorial Stadium, Manila)

30 November 2024

  • Laos Vs Filipina (New Laos National Stadium, Vientiane)
  • Vietnam Vs Indonesia (Mỹ Đình National Stadium, Hanoi)

3 Desember 2024

  • Filipina Vs Vietnam (Rizal Memorial Stadium, Manila)
  • Myanmar Vs Laos (Thuwunna Stadium, Yangon)

7 Desember 2024

  • Vietnam Vs Myanmar (Mỹ Đình National Stadium, Hanoi)
  • Indonesia Vs Filipina (Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta)

Video Populer

Foto Populer