Sukses


Starting XI Alternatif Timnas Indonesia Guna Hadapi Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Belakang Mantap Banget!

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berpeluang menurunkan daftar susunan pemain alias starting eleven alternatif saat menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi dua pertandingan kandang untuk menentukan posisinya di klasemen akhir Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Duel yang pertama bakal berlangsung melawan Timnas Irak pada 6 Juni 2024. Baru setelah itu, skuad Merah Putih akan menjamu Timnas Filipina pada laga pamungkas Grup F yang bergulir 11 Juni 2024.

Shin Tae-yong berpotensi menurunkan starting eleven alternatif pada kedua laga ini. Jika belakangan sering menggunakan pakem 3-4-3 atau 5-4-1, Timnas Indonesia bisa saja menggunakan skema 4-3-3 atau 4-2-3-1 sebagai alternatifnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Komposisi Pertahanan

Di bawah mistar gawang, Shin Tae-yong sepertinya masih akan memberikan kepercayaan kepada kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari. Ernando terhitung lebih matang dibandingkan kiper lainnya, Adi Satryo.

Sementara itu, dua bek tengah yang diprediksi akan berduet di jantung pertahanan ialah Jay Idzes dan Rizky Ridho. Alternatif penggantinya yakni Jordi Amat, Justin Hubner, dan Muhammad Ferarri.

Kemudian, Pratama Arhan akan dipercaya mengisi pos bek kiri, sedangkan Asnawi Mangkualam beroperasi di sektor kanan. Kedua pemain ini tak hanya jago dalam bertahan, tetapi juga aktif membantu serangan.

3 dari 5 halaman

Duet Lini Tengah

Sebetulnya, ada banyak pemain yang bisa dipasang Shin Tae-yong untuk beroperasi di lini tengah. Sejumlah pemain yang bukan berposisi sebagai gelandang memiliki kapasitas untuk memainkan peran ini.

Namun, duet terbaik yang bisa menjadi pilihan Timnas Indonesia ialah Ivar Jenner dan Thom Haye. Belakangan, dua pemain ini belum pernah bermain bersama, termasuk pada dua laga melawan Vietnam.

Shin Tae-yong bisa saja mencoba potensi kolaborasi dari dua pemain kelahiran Belanda ini sebagai double pivot dalam skema 4-2-3-1 untuk menopang stabilitas di lini tengah skuad Merah Putih.

4 dari 5 halaman

Pengisi Lini Serang

Memasuki area lini depan, posisi nomor sembilan tampaknya masih akan diberikan kepada Rafael Struick. Pemain ADO Den Haag ini punya pemahaman posisi yang baik, termasuk ketika menjalankan skema block-press dalam bertahan.

Rafael Struick akan ditopang tiga pemain yang beroperasi di belakangnya. Mereka adalah Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, dan Yakob Sayuri. Ketiganya sama-sama memiliki kecepatan.

Mereka juga punya fleksibilitas untuk saling bertukar posisi dan mengisi ruang kosong di lini depan. Menarik dinantikan kiprah ketiganya saat menghadapi Filipina dan Irak pada Juni nanti.

5 dari 5 halaman

Starting XI Timnas Indonesia

(4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jay Idzes, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam; Thom Haye, Ivar Jenner; Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri; Rafael Struick;

Pelatih: Shin Tae-yong

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer